Belgia Nyaris Dipermalukan Aljazair

Rabu, 18 Juni 2014 - 00:50 WIB
Belgia Nyaris Dipermalukan Aljazair
Belgia Nyaris Dipermalukan Aljazair
A A A
BELO HORIZONTE - Belgia nyaris dipermalukan Aljazair di pertandingan perdana Grup H. Beruntung Dries Martens tampil sebagai pahlawan setelah mencetak gol penentu kemenangan jelang berakhirnya pertandingan.

Pertandingan yang digelar di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Rabu (18/6) dinihari, di luar dari perkiraan pengamat. Jika sebelumnya banyak yang meramalkan Belgia akan mudah mendulang angka penuh yang terjadi malah sebaliknya.

Tim Marc Wilmots yang di atas kertas bisa mengatasi perlawanan Aljazair sempat dibuat tak berdaya. Hal itu terjadi setelah Sofiane Feghouli menggetarkan gawang Thibaut Courtois di menit 25. Hadiah penalti yang diberikan Wasit Marco Rodriguez asal Meksiko menyusul pelanggaran yang dilakukan Jan Vertonghen.

Sadar ketinggalan satu gol, Belgia mencoba menekan sepanjang pertandingan. Sayangnya permainan bertahan yang dilakukan Aljazair membuat serangan mereka kerap menemui jalan buntu. Hasil 1-0 untuk Aljazair bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Belgia yang tidak ingin dipermalukan lawannya mencoba menguasai pertandingan. Langkah tersebut dilakukan pelatih Marc Wilmots memasukan Dries Martens yang menggantikan posisi Chadli. Hasilnya positif dimana serangan Belgia menghasilkan beberapa peluang. Untuk menambah daya gempurnya, Wilmots memasukan Divock Origi untuk menggantikan Lukaku.

Masuknya amunisi baru Belgia ini mampu memberikan variasi serangan. Pada menit 67, Origi sempat membuat pendukung Aljazair terdiam setelah bola keras sepakannya mampu diblok kiper Rais Mbolhi.

Momentum tersebut dimanfaatkan pemain Belgia untuk terus menekan. Aljazair dipaksa bertahan. Dan hasilnya pada menit 70 sebuah umpan Kevin De Bruyne mampu diselesaikan dengan baik oleh Fellaini.

Kedudukan 1-1 membuat pertandingan makin terbuka. Mental pemain Belgia kembali tersulut untuk mengakhiri pertandingan dengan kemenangan. Sebuah serangan terjadi di menit 79. Eden Hazard mengumpan pada Martens dan akhirnya gol kemenangan yang ditunggu datang juga.

Dengan kemenangan ini Belgia untuk sementara kukuh di puncak klasemen sementara dengan nilai tiga. Pertandingan Grup H lainnya akan mempertemukan Rusia kontra Korsel.

Susunan Pemain
Belgia

1-Thibaut Courtois; 2-Toby Alderweireld, 4-Vincent Kompany, 5-Jan Vertonghen, 15-Daniel Van Buyten; 7-Kevin De Bruyne, 22-Nacer Chadli, 6-Axel Witsel, 19-Mousa Dembele; 10-Eden Hazard, 9-Romelu Lukaku

Cadangan
3-Thomas Vermaelen, 8-Marouane Fellaini, 11-Kevin Mirallas, 12-Simon Mignolet, 13-Sammy Bossut, 14-Dries Mertens, 16-Steven Defour, 17-Divock Origi, 18-Nicolas Lombaerts, 20-Adnan Januzaj, 21-Anthony Vanden Borre, 23-Laurent Ciman

Aljazair
23-Rais Mbolhi; 2-Madjid Bougherra, 3-Faouzi Ghoulam, 5-Rafik Halliche, 12-Carl Medjani; 14-Nabil Bentaleb, 10-Sofiane Feghouli, 21-Riyad Mahrez, 22-Mehdi Mostefa, 19-Saphir Taider; 15-El Arabi Soudani

Cadangan
1-Cedric Si Mohamed, 4-Essaid Belkalem, 6-Djamel Mesbah, 7-Hassan Yebda, 8-Mehdi Lacen, 9-Nabil Ghilas, 11-Yacine Brahimi, 13-Islam Slimani, 16-Mohamed Lamine Zemmamouche, 17-Liassine Cadamuro, 18-Abdelmoume Djabou, 20-Aissa Mandi

Wasit
Marco Rodriguez (Meksiko)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7556 seconds (0.1#10.140)