FIFA Investigasi Kasus Rasisme di Piala Dunia 2014

Kamis, 19 Juni 2014 - 16:12 WIB
FIFA Investigasi Kasus Rasisme di Piala Dunia 2014
FIFA Investigasi Kasus Rasisme di Piala Dunia 2014
A A A
NATAL - Badan sepak bola dunia FIFA akan menyelidiki kasus dugaan rasisme yang dilakukan oleh pendukung Meksiko kepada Kamerun pada laga pembuka Grup A, Jumat (13/6) lalu.

Pada pertandingan itu, Peralta menjadi penyelamat Meksiko dengan mencetak satu-satunya gol di laga tersebut. Rafael Marquez dkk menang tipis atas Kamerun dengan skor 1-0.

Organisasi Fare Network yang mengamati perilaku penonton pada laga itu memperingatkan FIFA soal penggunaan kata ‘Puto’-berarti pelacur laki-laki- yang diumbar para fans Los Tricolores-julukan timnas Meksiko- di Arena das Dunas, Natal.

Tak hanya sampai di situ, Fare Network juga menduga terjadi diskriminasi oleh fans Brazil, Rusia, dan Kroasia dalam seminggu terakhir, dikutip dari BBC Sport (19/6).

Presiden FIFA, Sepp Blatter berjanji untuk menekan kasus rasisme di sepakbola dalam 12 bulan terakhir setelah menerima beberapa laporan. Petinggi Eksekutif FIFA berulang kali menilai, sanksi berupa denda tak membuat efek jera.

Dikabarkan, FIFA juga akan mempelajari yel-yel homofobik (anti gay) yang dikumandangkan fans Brazil dan spanduk anti-semitisme (anti Yahudi) dan rasis yang dikibarkan pendukung Kroasia dan Rusia.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5650 seconds (0.1#10.140)