Azzurri Enggan Andalkan Masa Lalu

Jum'at, 20 Juni 2014 - 14:27 WIB
Azzurri Enggan Andalkan Masa Lalu
Azzurri Enggan Andalkan Masa Lalu
A A A
RECIFE - Italia memang pernah mengalahkan Kosta Rika. Tapi, Italia enggan mengandalkan masa lalu sebagai patokan bisa kembali mengatasi Kosta Rika di lanjutan penyisihan Grup D.

Italia dan Kosta Rika akan bentrok di Stadion Arena Pernambuco, Jumat (20/6) malam nanti. Keduanya berambisi menambang angka sempurna untuk memastikan lolos ke putaran kedua.

Kosta Rika tengah mendapatkan kepercayaan diri yang luar biasa. Pasalnya, mereka di laga perdana bisa mengalahkan Uruguay yang kala itu digadang-gadang bisa mengambil angka pertama.

Sebaliknya, Italia pun tengah menatap kembali kejayaan mereka setelah di piala dunia empat tahun lalu terpuruk. Kemenangan 2-1 atas Inggris menjadi bukti jika mereka sangat berambisi mengoleksi gelar juara dunia seperti yang pernah disandangnya pada 2006 lalu.

Sebagai informasi, selama ini kedua tim belum pernah bertemu di ajang resmi. Keduanya hanya sekali bertemu di level persabatan di Amerika Serikat pada 1994. Kala itu Italia menang tipis berkat gol semata wayang Giuseppe Signori.

Namun di piala dunia kali ini semua peta kekuatan sudah berubah. Banyak tim-tim favorit sudah bertumbangan, sebaliknya tim-tim yang dipandang sebelah mata terus membuat kejutan. Hal inilah yang harus diwaspadai Italia.

Barisan pertahanan Italia sepertinya harus mewaspadai gerakan pemain muda, Joel Campbell. Ia berhasil mencetak satu gol ke gawang Uruguay dan menjadi pengatur serangan yang brilian. Salvatore Sirigu, kiper nomor dua Italia pun mengetahui kemampuannya saat tampil di Liga Champions.

Tapi kali ini Sirigu kemungkinan tidak akan diturunkan menyusul pulihnya Gianluigi Buffon. Pelatih Cesare Prandelli kemungkinan juga akan melakukan perubahan, terutama di lini belakang.

Prandelli akan mendorong Giorgio Chiellini untuk bergerak ke atas dari bek kiri untuk mengambil alih Gabriel Peletta di tengah dan Ignazio Abate datang di fullback. Di lini tengah, pemain kelahiran Brazil, Thiago Motta bisa menggantikan De Rossi, yang mengalami nyeri leher setelah pertandingan melawan Inggris.

Prakiraan Pemain
Italia
1-Gianluigi Buffon; 20-Gabriel Paletta, 4-Matteo Darmian, 15-Andrea Barzagli, 3-Giorgio Chiellini; 23-Marco Verratti, 16-Daniele De Rossi, 6-Antonio Candreva, 21-Andrea Pirlo, 8-Claudio Marchisio; 9-Mario Balotelli

Kosta Rika
1-Keylor Navas; 16-Cristian Gamboa, 3-Giancarlo Gonzalez, 4-Michael Umana, 7-Christian Bolanos, 6-Oscar Duarte, 17-Yeltsin Tejeda, 15-Junior Diaz; 5-Celso Borges, 10-Bryan Ruiz; 9-Joel Campbell
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7331 seconds (0.1#10.140)