Bawa Misi Mustahil

Kamis, 26 Juni 2014 - 13:35 WIB
Bawa Misi Mustahil
Bawa Misi Mustahil
A A A
RECIFE - Pertarungan terakhir di Grup G yang mempertemukan Portugal versus Ghana dipastikan akan menjadi partai terberat. Kedua tim mengusung misi mustahil mengingat keduanya sama-sama mengincar kemenangan untuk lolos ke Babak 16 Besar.

Namun bekal kemenangan itupun belum cukup mengingat di pertandingan lainnya, Jerman dan AS akan bentrok. Baik Portugal dan Ghana yang akan bertanding, Kamis (26/6), malam nanti mengharapkan Jerman bisa mengalahkan AS yang saat ini baru mengumpulkan nilai empat atau sama dengan yang diperoleh Jerman.

Pertemuan Jerman kontra AS inipun perlu diwaspadai mengingat pelatih Juergen Klinsmann pernah menjadi atasan Jochim Loew yang sekarang menukangi AS. Meski kecil kemungkinannya, namun semua bisa saja terjadi di mana mencari aman dengan bermain imbang.

Kembali ke pertarungan Portugal vs Ghana. Buat Portugal sendiri catatan kemenangan besar menjadi tiket mereka jika ingin bersaing di putaran knockout. Sepanjang perhelatan di Brazil, Portugal memang tampil di bawah standar mereka. Keganasan para pemainnya di klub tidak kentara dalam kerjasama di tim nasional.

Cristiano Ronaldo misalnya, sampai pertandingan kedua belum sebiji pun mencetak gol. Berbeda dengan saingannya di La Liga, seperti Lionel Messi dan Neymar yang masing-masing sudah mengemas empat gol. Padahal selama membela timnas, Portugal sudah menjebol gawang lawan sebanyak 11 kali dari 10 pertandingan.

Dalam pertemuan selama ini, Portugal dan Ghana belum pernah bertemu di level apapun. Di ajang piala dunia, tim asuhan Paulo Bento itu baru mencatat sekali kemenangan dari sembilan penampilannya.

Dari data di atas jelas, Portugal memang bermasalah tampil di piala dunia ini. Bahkan jelang laga krusial ini mereka kehilangan banyak pemain. Helder Postiga, Fabio Coentrao dan Hugo Almeida dipastikan akan duduk manis setelah mengalami cedera.

Di lini depan hanya ada nama Beto yang dikabarkan dalam kondisi fit. Dengan minusnya tukang gedor, sangat mungkin Bento akan menggeser Ronaldo ke area serang tengah yang diapit Nani dan Silvestre Varela di kedua sisi. Di tengah, Bento sepertinya akan menurunkan William Carvalho yang penampilannya menjanjikan kala bertemu AS.

Ghana pun akan kehilangan pemain berkarakternya, Sulley Ali Muntari yang terkena larangan bermain. Sebagai gantinya akan dimasukan Emmanuel Badu. Perubahan lainnya kemungkinan akan masuknya Jordan Ayew sebagai pemain inti untuk menggantikan Kevin-Prince Boateng yang tampil tidak efektif.

Prakiraan pemain
Portugal (4-3-3)
Beto; Almeida, Costa, Alves, Pereira; Meireles, Carvalho, Moutinho; Varela, Ronaldo, Nani.

Ghana (4-2-3-1)
Dauda; Asamoah, Boye, Mensah, Afful; Badu, Rabiu; Ayew, Jordan Ayew, Atsu; Gyan.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0920 seconds (0.1#10.140)