Rapor Pemain Der Panzer

Rabu, 02 Juli 2014 - 05:33 WIB
Rapor Pemain Der Panzer
Rapor Pemain Der Panzer
A A A
PORTO ALEGRE - Kemenangan atas Aljazair sudah sewajarnya bagi Jerman. Dengan aset dan sejarah panjang di turnamen level tertinggi, malah kemenangan Jerman belum menunjukkan potensi terbaik mereka. Terlepas dari permainan apik Aljazair, Der Panzer kembali gagal menunjukkan stabilitas performa.

Jerman selamat setelah pemain pengganti Andre Schurrle dan Mesut Ozil mencetak gol di masa perpanjangan waktu. Aljazair sempat memiliki gairah hidup setelah Abdelmoumene Djabou mencetak gol di penghujung laga, walau itu sudah sangat terlambat untuk mengejar adu sepak pinalti.

Seperti mengulang kembali pertandingan lawan Ghana dan Amerika Serikat, tim arahan Joachim Low menunjukkan mood yang kurang bagus di awal laga. Bermain canggung dan terlalu banyak kesalahan, permainan menyerang pun terlihat hanya sekadar tanggungjawab sebagai tim yang lebih besar dan dominan.

Pertahanan yang sering pontang-panting menghalau serangan lawan, bukanlah sebuah kapantasan dilakukan tim sekelas Jerman. Lini tengah menjadi biang buruknya performa skuad Jerman, terutama di babak pertama. Empat pemain tak bermain maksimal, yakni Mario Gotze, Schweinsteiger, Tony Kroos dan Philip Lahm.

Saat melakukan tekanan, sepertiga lapangan terakhir menjadi problem besar. Di sini mulai banyak terjadi kehilangan bola, salah pengertian, dan bukan disebabkan tekanan lawan. Tercatat Der Panzer baru panas di babak kedua ketika Mario Gotze digantikan Andre Schurrle.

Walau belum sepenuhnya sempurna, babak kedua menjadi 'awal pertandingan' bagi Mesut Ozil dkk. Bisa meminimalisir kesalahan serta lebih rajin mengekploitasi sayap lewat tusukan Schurrle, dibanding saat ditempati Mario Gotze. Namun performa puncak Jerman justru terjadi setelah 90 menit atau pada masa perpanjangan waktu.

“Ini sangat tidak biasa. Kami banyak sekali melakukan passing buruk dan bermasalah saat berhadapan dengan bek Aljazair,” tutur Joachim Low. Babak pertama kami sangat jelak, tapi bisa menjadi tim lebih baik di babak kedua dan perpanjangan waktu,” sebut pelatih yang kontraknya dijamin aman bersama Jerman.

Dia mengakui Aljazair memiliki kualitas serangan yang sangat bagus dan merepotkan, terutama melalui umpan panjang dengan mengoptimalkan kecepatan pemain depan. Kesigapan kiper Manuel Neuer menjadi salah satu keberuntungan Jerman hingga tak menelan gol lebih dulu.

“Dalam kondisi seperti itu tim membutuhkan peningkatan grafik permainan. Saya memasukkan Sami Khedira dan Andre Schurrle dan ternyata mereka memberikan perubahan yang sangat bagus,” sebut Low. Setelah lolos ke delapan besar, Jerman kini tinggal menunggu kondisi terakhir sejumlah pemain.

Belum bisa memainkan Matt Hummels dan Lukas Podolski yang pemulihan cedera, Jerman ditambahi problem kebugaran Shkodran Mustafi dan Bastian Schweinsteiger yang tak bisa menyelesaikan pertandingan. Jika Bastian dan Shkodran gagal recovery, maka terpaksa Low melakukan rotasi lagi.

Defender Per Mertesacker tidak peduli dengan kritikan bahwa Jerman bermain mengecewakan menghadapi tim sekelas Aljazair. “Saya tidak peduli. Yang terpenting kami sudah lolos ke babak delapan besar. Apakah kami harus bermain cantik kemudian tersingkir?” begitu ucapan Mertesacker kepada ZDF.

Kapten Jerman Philip Lahm mengakui pihaknya kurang bagus dalam melakukan counter attack karena pertahanan rapi Aljazair. “Aljazair bermain luar biasa. Itu memberikan kami inspirasi agar lebih bagus dalam bermain sehingga kembali mendapatkan hasil bagus di babak berikutnya,” demikian Lahm.(kukuh setyawan)

Rapor Pemain (versi The Sport Review):

Jerman
-Manuel Neuer: 9
-Shkodran Mustafi: 6
-B Howedes : 6
-Philip Lahm: 7
-Per Mertesacker: 5
-Jerome Boateng: 6
-B Schweinsteiger: 6
-Tony Kroos: 7
-Tomas Muller: 8
-Mesut Ozil: 8
-Mario Gotze: 6
(Subs: Sami Khedira (7), Andre Schurrle (8), Christoph Kramer (6))

Aljazair
-Adi Mbolhi: 8
-Aissa Mandi: 8
-Essaid Berkalem: 7
-Rafik Halliche: 7
-Faouzi Ghoulam: 7
-Saphir Taider: 7
-Mehdi Mostefa: 7
-Medhi Lacen: 7
-Sofiane Feghouli: 8
-Islam Slimani: 8
-El Saudani: 8
(Subs: Yacine Brahimi (7), A Djabou (7), Madjid Bougherra (6))
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7388 seconds (0.1#10.140)