Brazil Tertekan, Jerman Enjoy

Selasa, 08 Juli 2014 - 17:32 WIB
Brazil Tertekan, Jerman Enjoy
Brazil Tertekan, Jerman Enjoy
A A A
BELO HORIZONTE - Timnas Brazil mencari pembuktian setelah dihantam masalah absennya sejumlah pemain pilar utama seperti kapten tim, Thiago Silva dan juru gedor andalan Neymar lantaran sanksi kartu dan cedera. Menghadapi tim sekelas Jerman di semifinal Piala Dunia 2014, Brazil tengah dalam posisi tertekan setelah ditinggal dua penggawa andalan mereka.

Keduanya merupakan pondasi Selecao -julukan timnas Brazil- di sektor pertahanan dan penyerangan. Tampil dihadapan pendukungnya sendiri, skuat besutan Luiz Felipe Scolari dituntut memenuhi ekspektasi dan harapan dari publik tuan rumah. Peluang Selecao bukan otomotis tertutup dengan dukungan pemain kelas dunia yang duduk dibangku cadangan, Scolari punya banyak pilihan.

Winger atraktif yang punya kecepatan seperti Willian dan Ramires dapat diplot menggantikan Neymar. Sementara di lini bertahan tuan rumah punya stok seperti Hernanes, Bernard atau bahkan Dante untuk menggantikan Thiago Silva sebagai bek tengah. Sementara gelandang Luiz Gustavo sepertinya belum bisa bermain karena larangan satu pertandingan.

Absennya Neymar tidak langsung membuat Brazil jadi lemah, Amarildo Tavares da Silveira yang pernah menghantarkan Brazil menjadi pemenang Piala Dunia 1962 menyebut ketiadaan pemain Barcelona itu bisa menjadi berkah. "Akan ada sesuatu yang baru untuk tim dan mengubah cara mereka bermain. Seluruh tim akan mempunyai banyak pilihan dan bermain lebih kompak sepanjang pertandingan. Mereka jelas butuh keberanian," ucap Amarildo.

Sementara Scolari mengaku sudah menemukan strategi yang tepat untuk menghadapi Der Panzer -julukan Jerman-, dini hari nanti. "Saya sudah mempunyai susunan tim, tapi tidak bisa mengatakannya. Jerman punya keseimbangan sebagai sebuah tim. Kami tidak bisa melupakan Jerman telah mempersiapkan diri selama enam tahun," terang Scolari.

Sementara Jerman terlihat lebih enjoy setelah mengalahkan Prancis di babak perempat final sebelumnya. Komposisi lengkap hampir disemua lini dan kondisi fit para pemain membuat pelatih Joachim Loew cukup pede, meski ia tidak ingin menganggap remeh tuan rumah. ‘’Tak ada yang percaya bila tugas kami akan lebih mudah, tapi sebaliknya. Absennya Thiago Silva, menunjukkan kedalaman skuat Scolari, Scolari bisa memasukkan Dante (bek Bayern Munich). Saya tidak merasa kualitas tim ini menurun," ujar Loew.

Pertemuan Brazil kontra Jerman di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, dini hari nanti menjadi yang kedua sepanjang perhelatan Piala Dunia. Sebelumnya kedua tim pernah saling jegal di final Piala Dunia 2002. Dalam duel tersebut, Brasil memenangi laga dengan skor 2-0, yang membawa tim Samba meraih trofi kelima dalam sejarah Piala Dunia. Aroma balas dendam bakal diusung skuat besutan Loew untuk mempermalukan Brazil dihapadan publiknya sendiri. Sayang sejarah tidak memihak Der Panzer. Pasalnya sejak melakoni laga uji coba pada 1963, di mana Brasil bertindak sebagai tuan rumah, belum sekali pun Jerman membukukan kemenangan.

Hasil paling maksimal adalah menahan imbang. Tapi komposisi yang ada sekarang ini memungkinkan Jerman menorehkan sejarah. Secara tim, Jerman memiliki barisan pemain yang komplet. Mereka juga berada di performa terbaik mereka. Patut ditunggu pertemuan kedua tim beda benua itu dalam perebutan tiket pertama partai final Piala Dunia 2014, dini hari nanti.

Prakiraan Susunan Pemain Kedua Tim:

Brasil: 12-Julio Cesar; 6-Marcelo; 23-Maicon; 13-Dante; 4-David Luiz; 17-Luiz Gustavo; 8-Paulinho; 19-Willian; 11-Oscar; 7-Hulk; 9-Fred.

Jerman: 1-Manuel Neuer; 16-Philipp Lahm; 20-Jerome Boateng; 5-Mats Hummels; 4-Benedikt Hoewedes; 7-Bastian Schweinsteiger; 6-Sami Khedira; 18-Toni Kroos; 8-Mesut Ozil; 19-Mario Goetze; 13-Thomas Mueller
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7992 seconds (0.1#10.140)