Ditunggu Deretan Gelar

Sabtu, 12 Juli 2014 - 21:06 WIB
Ditunggu Deretan Gelar
Ditunggu Deretan Gelar
A A A
RIO DE JANEIRO - Partai final Piala Dunia 2014 di Stadion Maracana, Rio De Janeiro, Senin (14/7) dinihari, menjadi momentum luar biasa bagi Jerman. Sebuah kemenangan tidak hanya akan mendatangkan trofi juara dunia, tapi juga memberikan berbagai prestasi dan rekor bagi Der Panzer.

Dua prestasi fenomenal sudah dipegang Jerman, yakni Miroslav Klose sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia dengan 16 gol. Satu golnya ke gawang Brasil di partai semifinal lalu membuat dia mengungguli legenda Brasil Ronaldo. Jerman juga telah mencatat rekor tampil di semifinal empat kali beruntun.

Empat gelar lain menunggu di pertandingan final kontra Argentina. Selain tentu saja gelar juara dunia, Jerman juga masih berpeluang menyabet gelar 'Golden Ball' atau pemain terbaik, 'Golden Boot' alias sepatu emas untuk pencetak gol terbanyak dan 'Golden Gloves', penghargaan untuk kiper terbaik di turnamen.

Yang mencengangkan, Jerman memiliki unggulan di masing-masing kategori penghargaan pribadi itu. Tentu saja kemenangan kontra Argentina akan memperbesar peluang menyabet tiga penghargaan pribadi tersebut. Belum termasuk rekor bahwa Jerman akan menjuarai Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak negara tersebut bersatu.

Berdasarkan data, kalkulasi, serta pengumuman yang dikeluarkan FIFA, Jerman menempatkan pemainnya di masing-masing penghargaan perorangan. Ini mengungguli tim mana pun di turnamen empat tahunan tersebut. Di bawah ini adalah uraian rekor yang bisa digapai Die Mannschaft.

-Pertama Sejak Bersatu

Menjadi juara di Brasil akan memberikan sejarah baru bagi Jerman. Untuk pertama kalinya Jerman menjadi juara setelah penyatuan negara tersebut pada 1990. Ketika menjuarai Piala Dunia 1990, proses penyatuan Jerman masih dalam pembicaraan sehingga trofi Piala Dunia masih dinyatakan milik Jerman Barat. Setelah Jerman Barat dan Timur resmi bersatu, Jerman belum pernah menyabet trofi sepak bola terbesar di dunia ini. Hasil terbaik adalah melaju ke babak final di Piala Dunia 2002 tapi dikalahkan Brasil.

-Golden Gloves

Kiper Manuel Neuer berada dalam urutan teratas sebagai kiper yang paling berpeluang mendapat sarung tangan emas. Kiper Jerman ini tampil luar biasa selama di Brasil dan total melakukan 21 penyelamatan penting dalam lima pertandingan. Walau kebobolan empat gol, rating penampilannya masih lebih baik ketimbang kiper Argentina Sergio Romero dan kiper Kosta Rika Keilor Navas. Sebuah penampilan impresif lagi bakal dipastikan membuat Neuer menjadi yang terbaik.

-Golden Ball

Agak sulit menentukan siapa yang paling menonjol di tim Jerman, karena tim ini mengandalkan kolektivitas tim. Walau begitu, Jerman tetap menempatkan pemainnya dalam kandidat pemain terbaik di Piala Dunia 2014 yang telah dirilis FIFA. Empat pemain sekaligus masuk nominasi, yakni Thomas Muller, Philip Lahm, Tony Kroos dan Mats Hummels. Saingat berat di pernghargaan ini sudah jelas Lionel Messi, yang menempati urutan teratas kandidat pemain terbaik bersama Neymar Jr.

-Golden Boot

Penghargaan perorangan lainnya adalah sepatu emas atau pencetak gol terbanyak. Menyisakan satu pertandingan, Thomas Muller tetap berpeluang menjadi top scorer walau masih tertinggal satu gol dari playmaker Kolombia James Rodriguez. Tidak mudah bagi Muller untuk mengulangi prestasi yang pernah diraihnya pada 2010 silam. Namun melihat bagaimana dia menjadi kekuatan vital bagi Des Panzer, bukan mustahil gelar akan disabetnya kembali, walau mungkin akan dibagi bersama James Rodrigues.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7169 seconds (0.1#10.140)