Atlet Kulit Hitam Pertama Peraih Emas Olimpiade Wafat

Rabu, 16 Juli 2014 - 15:12 WIB
Atlet Kulit Hitam Pertama Peraih Emas Olimpiade Wafat
Atlet Kulit Hitam Pertama Peraih Emas Olimpiade Wafat
A A A
GEORGIA - Alice Coachman-Davis yang merupakan atlet putri kulit pertama peraih emas olimpiade wafat dalam usia 90 tahun. Davis menjadi salah satu pioner di cabang atletik setelah emas di nomor lompat tinggi di Olimpiade London 1948.

Davis kala itu tampil digdaya setelah mencatat lompatan setinggi 1,68 meter dalam kesempatan pertama. Prestasi ini sekaligus mengalahkan rival utama Davis, Dorothy Tyler.

Sebagai atlet, Davis terbilang handal di berbagai cabang olahraga. Itu dibuktikannya dengan bergabung dengan tim bola basket Tuskegee University dan berhasil memenangkan tiga gelar. Sementara untuk nomor lompat tinggi, prestasi atlet yang berasal dari Albany, bagian selatan Georgia itu malah fenomenal dengan torehan 25 kali juara nasional. Seperti dilaporkan insidethegame, Rabu (16/7), prestasi itu termasuk 10 kali juara berturut antara 1993 dan 1948.

Davis akhirnya mengumumkan pensiun sebagai atlet pada usia 25 tahun. Setelah pensiun, ia bekerja sebagai guru dan pelatih di sekolah dasar di kota asalnya. Atas prestasinya ini Davis dinobatkan sebagai atlet terbaik Amerika Serikat 1975 dan masuk dalam Olympic Hall of Fame pada 2004.

Sayangnya, sebab kematian belum diketahui. Sang putri, Evelyn Jones hanya mengabarkan ibunya meninggal tanpa menyebutkan penyebabnya. Sementara upacara pemakaman akan dilakukan di Meadows Funeral Home di Albany.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6175 seconds (0.1#10.140)