Sumsel Siap Gelar AG 18

Rabu, 16 Juli 2014 - 20:32 WIB
Sumsel Siap Gelar AG 18
Sumsel Siap Gelar AG 18
A A A
PALEMBANG - Sumatera Selatan bukanlah Provinsi yang “karbitan” dalam menyelenggarakan event olahraga, Diawali Pekan Olah Raga (PON) tahun 2004, dilanjutakan SEA Games 2011, Islamic Solidarty Games (ISG), dan tahun ini Asian Universty Games adalah sebuah rangkaian panjang prestasi yang ditorehkan Sumatera Selatan dalam menyelenggarakan event olahraga. Hal ini menjadi semangat serta keyakinan Sumatera Selatan untuk menyelenggarakan Asian Games 2018 XVIII (AG 18) di Bumi Sriwijaya.

Hal ini diutarakan Gubernur H Alex Noerdin saat menerima rombongan Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Alfitra Salam beserta rombongan terkait kesiapan pelaksanaan AG 18 di Sumsel. Selasa (15/7) di Kantor Gubernur Sumsel, Jalan Kapten A Rivai, Palembang. Dalam kesempatan ini Alex menyatakan, kesiapan Sumsel menyambut AG 18. Ia pun memaparkan perbandingan tuan rumah Asian Games Incheon 2014. “Pada Asian Games Incheon 2014 venue – venue yang ada tersebar di daerah – daerah. Namun kita (Sumsel) memiliki Jakabaring Sport City (JSC) kota olahraga bertaraf internasional yang venue olahraganya terpusat di satu lokasi,” ungkapnya.

Alex menambahkan, terkait venue yang belum ada masih ada waktu untuk membangunnya. “Hanya tinggal menambah beberapa venue. Untuk venue yang sudah ada sudah baik, karena kita memiliki kolam renang berstandar dunia, lintasan atletik, stadion sepak bola, shooting range yang semuanya bertaraf internasional,” tambah Alex.

Dihadapan rombongan Alex keyakinanya daerahnya bisa menjadi tuan rumah AG 18, walau harus bersaing dengan daerah lain sperti DKI Jakarta, Surabaya, dan Bandung.
“Karena hal ini merupakan proses panjang perkembangan olahraga di Sumsel,” jelasnya.

Sementara itu, Alfitra bersama Deputi Bidang Infrastruktur Kemenpora Gatot S Dewa Broto mengatakan, sangat yakin Sumatera Selatan akan menyelenggarakan AG 2018. Terkait DKI yang ikut bersaing untuk menjadi tuan rumah AG 18 nanti disarankan untuk berbagi. Sebagian diselenggarkan di Palembang, ada beberapa cabor di Jakarta. "Namun utamanya di Palembang, karena Sumsel luar biasa dalam kesiapanya,” jelasnya.

Kesiapan Sumsel sendiri sudah sangat luar biasa diakui oleh Mr Wei Jishong Special Advisor IOC yang beberapa waktu lalu melihat secara langsung kesiapan AG dapat terselenggara di Sumsel. “Serta dukungan yang besar dari Gubernur untuk Sumsel menjadi tuan rumah AG 18 adalah hal yang luar biasa,” ungkap Alfitra. Untuk itu, pada 25 Juli mendatang, Alex bersama KOI, juga Guberur DKI Jakarta akan bertolak menuju Kuwait untuk mempresentasikan kesiapan Sumsel menjadi tuan rumah AG 18.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5141 seconds (0.1#10.140)