Soal Ebola IOC Mendua

Jum'at, 15 Agustus 2014 - 21:05 WIB
Soal Ebola IOC Mendua
Soal Ebola IOC Mendua
A A A
NANJING - Komite Olimpiade Internasional (IOC) bersikap mendua terkait batalnya Nigeria dan Siera Leone di ajang Youth Olympic Games 2014 di Nanjing, China. Kedua negera tersebut mundur setelah mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari tuan rumah menyusul merebaknya virus Ebola.

IOC di satu sisi merasa kecewa dengan keputusan dua negara tersebut, namun di sisi lain mereka menyatakan memikirkan kesehatan negara peserta lainnya di pesta olahraga khusus atlet muda tersebut.

Nigeria dan Siera Leone membatalkan keikutsertaan karena mendapatkan sikap diskriminasi dari tuan rumah. Atlet Nigeria merasa diisolasi dengan berlatih tanpa boleh bercampur baur dengan atlet negara lain. Mereka pun akhirnya memutuskan kembali ke negaranya.

Lebih memiriskan lagi nasib atlet Siera Leone. Mereka yang belum sampai ke China langsung pulang setelah mendapatkan peringatan dari kedutaan besar China di Freetown.

"IOC bekerjasama erat dengan panitia penyelenggara (NYOGOC -Nanjing Youth Olympic Games Organizing Committee) dan Otoritas Cina untuk menemukan keseimbangan yang tepat. Kami selalu mendapatkan arahan dari Organisasi Kesehatan Dunia," kata juru bicara IOC dilansir insidethegames, Jumat (15/8).

"Kita perlu menyeimbangkan antara keselamatan semua peserta dan hak-hak para atlet muda. Kami menyesal mereka tidak bisa ambil bagian dan kami menyesal sekali. Tapi dengan berjangkitnya virus Ebola, kami pun tidak bisa mengandalkan mereka untuk bersaing."

Akibat mewabahnya virus Ebola di Afrika Barat sampai saat ini tercatat 1.000 orang tewas. Nigeria dan Siera Leone berada di kawasan tersebut bersama
Guinea dan Liberia. Namun belum mendapatkan kabar apakah Guinea dan Liberia juga batal tampil.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5802 seconds (0.1#10.140)