Momen Identifikasi Penggawa Garuda

Senin, 08 September 2014 - 11:47 WIB
Momen Identifikasi Penggawa Garuda
Momen Identifikasi Penggawa Garuda
A A A
SLEMAN - Tim Nasional (Timnas) Indonesia Senior memanfaatkan laga uji coba dengan Yaman sebagai identifikasi para pemain. Pasalnya, laga yang dimainkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (9/9) pukul 17.00 WIB, itu tanpa diperkuat sembilan pemain langganan masuk Timnas.

Asisten Pelatih Timnas Senior, Wolfgang Pikal mengatakan, target tim dalam laga uji coba ini di antaranya adalah untuk mengidentifikasi para penggawa Garuda, mengasah kemampuan tim, seperti filosofi pelatih kepala (Alfred Riedl), serta sedikit kerja sama antar pemain.

"Lawan Yaman pastinya ada target. Sedikit kerja sama tim, menyajikan sepak bola seperti filosofi permainan Alfred Riedl dan identifikasi pemain untuk dibawa ke AFF nanti,"kata dia usai menjajal lapangan di Stadion Maguwoharjo, Minggu (7/9) sore.

Dikatakannya, memang saat ini masih belum mengarah ke skuad inti. Para pemain yang biasa menjadi langganannya, belum bisa datang berlatih. "Ada sembilan pemain yang tidak bisa datang, tapi harus kita hadapi masalah ini. Kita akan mencoba maksimal,"tuturnya.

Sembilan pemain yang dimaksud di antaranya, Immanuel Wanggai dan Boaz Salossa yang dibebaskan karena masih harus memperkuat tim mereka, Persipura Jayapura di Piala AFC. Kemudian, ada nama Greg Nwokolo dari Persebaya Surabaya karena sedang ada masalah pribadi. Serta, Sergio Van Dijk yang baru ada urusan di rumahnya, Belanda.

"Dan M Ridwan yang sedang melakukan ibadah haji, Oktober nanti baru pulang. Victor Igbonefo, Achmad Jufriyanto, Ferdinand Sinaga, dan Manahati yang gabung ke timnas U-23," ucapnya.

Mengenai filosofi permainan Alfred Riedl yang dimaksud, yaitu melakukan penyerangan dari sisi sayap dan cepat saat transisi. Menggunakan formasi 4-2-3-1 atau 4-4-1-1, tim pelatih pun mengaku sudah mempelajari karakter bermain Yaman. "Pastinya kita juga sudah mengumpulkan sedikit video permainan Yaman," katanya.

Setelah melakukan uji coba lapangan, pada Senin (8/9) sore nanti, para pemain kembali latihan di tempat yang sama. Pelatih kepala, baru akan tiba di Yogya, paginya."Pelatih sekarang baru di Vietnam, besok pagi sampai sini,"ujarnya.

Uji coba ini merupakan persiapan skuad Garuda untuk menghadapi Piala AFF pada akhir tahun ini. Setelah melawan Yaman, mereka kembali melakukan uji coba di Sidoarjo menjamu Timnas Malaysia pada 14 September mendatang.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8891 seconds (0.1#10.140)