Dibuka Laga Sarat Emosional

Selasa, 23 September 2014 - 08:55 WIB
Dibuka Laga Sarat Emosional
Dibuka Laga Sarat Emosional
A A A
BALI - Persaingan panas National Basketball League (NBL) Indonesia musim 2014-2015 segera dimulai. Sebelum menginjak musim reguler, ke-12 klub kontestan liga basket kasta tertinggi di tanah air ini berkesempatan ’memanasi’ mesin perang masing-masing. Pada NBL Indonesia Preseason Tournament Mangupura Cup 2014, mulai 11-19 Oktober mendatang di GOR Purna Krida Kerobokan, Kabupaten Badung, Bali.

PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia selaku penyelenggara liga merilis pembagian grup beserta jadwal lengkapnya. Total sebanyak 34 pertandingan akan disuguhkan dalam turnamen pramusim yang mendapat dukungan Pemerintah Kabupaten Badung ini.

Seperti musim-musim sebelumnya, format turnamen tahun ini menggunakan sistem setengah kompetisi. Dua belas tim akan dibagi menjadi dua grup, mengikuti format ”ular” berdasarkan ranking musim 2013-2014 lalu. Juara NBL Indonesia 2013-2014, Aspac Jakarta berlaga di Grup A bersama Garuda Kukar Bandung (peringkat 4), CLS Knights Surabaya (5), Bimasakti Nikko Steel Malang (8), JNE Bandung Utama (9), dan NSH GMC GSBC Jakarta (12).

Sementara itu, runner-up NBL Indonesia musim lalu Satria Muda BritAma Jakarta berada di Grup B bersama Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta (3), Stadium Jakarta (6), Hangtuah Sumsel IM (7), Satya Wacana ACA LBC Salatiga (10), dan Pacific Caesar Surabaya (11). Dua tim teratas dari masing-masing grup akan melangkah ke semifinal dengan format silang. Juara Grup A akan bertanding melawan runner-up Grup B, dan sebaliknya.

Di hari pertama, Sabtu (11/10) nanti, para penggemar basket di Pulau Dewata akan langsung disuguhi lima laga seru. Salah satunya adalah big match mempertemukan dua tim yang pernah mencicipi gelar turnamen pramusim. Satria Muda (juara edisi 2010), akan langsung bentrok dengan Pelita Jaya yang menyandang status juara bertahan dua musim terakhir (2012 dan 2013).

Bukan sekadar menjaga gengsi, duel ini juga sangat dinanti-nanti fans basket di tanah air. Pasalnya, akan menjadi laga sarat emosional bagi dua mantan bintang Satria Muda yang kini berkostum Pelita Jaya, yaitu Amin Prihantono dan Faisal Julius Achmad. Untuk kali pertama, keduanya bakal melawan klub yang telah membesarkan nama mereka.

Laga di hari pertama ini juga banyak ditunggu-tunggu fans Pelita Jaya. Pasalnya, mereka ingin melihat performa tim kesayangannya yang makin memiliki kedalaman roster. Menyusul bergabungnya beberapa pemain top yang baru direkrut. Selain Amin dan Faisal, Pelita Jaya baru mendapatkan Adhi Pratama dari Hangtuah Sumsel IM dan Tri Hartanto (Satya Wacana ACA LBC Salatiga).

Di bawah komando head coach anyar, Antonius Ferry Rinaldo yang diboyong dari Garuda Kukar Bandung untuk menggantikan posisi Nathaniel Canson, Pelita Jaya sangat berambisi mengejar gelar three peat alias tiga musim beruntun di turnamen pramusim.

”Memang manajemen tidak memberi target khusus di turnamen ini (NBL Indonesia Preseason Tournament Mangupura Cup 2014). Tapi, secara pribadi saya ingin tim ini juara,” papar Inal, sapaan AF Rinaldo.

Selain big match Pelita Jaya versus Satria Muda, laga lain di Grup B akan akan menghadirkan champion NBL Indonesia 2013-2014 Aspac Jakarta yang ditantang Bimasakti Nikko Steel Malang. Sedangkan dari Grup A akan menghadirkan tiga game seru. Stadium Jakarta akan bentrok lawan Pacific Caesar Surabaya, CLS Knights Surabaya versus NSH GMC GSBC Jakarta, serta derby Bandung antara JNE Bandung Utama melawan Garuda Kukar Bandung.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6647 seconds (0.1#10.140)