Medali Om Yun-chol untuk Sang Pemimpin

Rabu, 24 September 2014 - 16:04 WIB
Medali Om Yun-chol untuk Sang Pemimpin
Medali Om Yun-chol untuk Sang Pemimpin
A A A
INCHEON - Pemecah rekor dunia, Om Yun-chol mendedikasikan medali emasnya untuk pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un. Lifter yang turun di kelas 56kg itu berhasil memecahkan rekor atas namanya sendiri di ajang Asian Games 2014, Incheon, Korsel.

Ini adalah penampilan pertama Yun-chol di depan media. Sebelumnya ia enggan memberikan keterangan pada media usai berhasil meraih emas dan memecahkan rekor dunia. Ia memilih merayakannya bersama lifter Kim Un-guk yang sama-sama meraih emas di kelas 62kg.

Ketika ditanya apa rahasia suksesnya, Yun-chol mengatakan semuanya berkat motivasi yang diberikan pemimpin tertinggi mereka. "Berbekal semangat yang juag dan ideologi yang diajarkan pemimpin tertinggi kami, Anda bisa memecahkan batu dengan telur. Rekor dunia pun bisa saya dapatkan. Itu rahasianya," tegas Yun-chol dilansir channelasia, Rabu (24/9).

Sebagai warga yang negaranya menganut faham komunis, ia sadar jika semua yang dihasilkan bukan hanya kebanggaan pribadi tapi juga negara. Makanya ia menjawab secara diplomatis ketika ditanya hadiah apa yang diinginkan dari negaranya usai meraih emas dan memecahkan rekor dunia.

"Kami tidak menginginkan apa-apa dari siapapun. Yang kami inginkan memberikan kesenangan dan kebahagian kepada bangsa kami, terutama mendapatkan kehormatan dari Kim Jong-un."

Medali emas yang disumbangkan Yun-chol dan Un-guk untuk Korut bukan yang pertama di ajang internasional. Kedua lifter ini pun meraih emas di Olimpiade London 2012 lalu dan ketika tiba di Korut disambut meriah. Mereka juga diundang bertemu dengan Jung-un dan dinobatkan sebagai pahlawan. Oktober tahun lalu keduanya diberikan sebuah apartemen di Pyongyang yang dibangun khusus untuk atlet.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1402 seconds (0.1#10.140)