Tim Basket Putri Qatar Resmi Mundur

Kamis, 25 September 2014 - 13:02 WIB
Tim Basket Putri Qatar Resmi Mundur
Tim Basket Putri Qatar Resmi Mundur
A A A
INCHEON - Tim bola basket Qatar secara resmi mundur dari cabang bola basket Asian Games 2014, Incheon, Korsel. Tim ini mundur setelah sebelumnya dilarang bertanding lantaran mengenakan hijab saat akan melakoni laga perdana melawan Mongolia.

Qatar sebelumnya dinyatakan kalah walk-over dari Mongolia. Panitia pertandingan meminta sebagian pemain Qatar melepaskan hijabnya karena aturan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) melarangnya.

Kontan tindakan ini diprotes oleh kubu Qatar. Mereka merasa larangan berhijab terasa aneh mengingat hal itu baru diketahui mereka setelah berada di Incheon. FIBA sendiri mengaku sudah melakukan sosialisasi soal larangan ini sebulan sebelum larangan berhijab ini diberlakukan.

Sebenarnya pengunaan hijab diperkenankan, namun untuk pertandingan yang levelnya nasional. Sedangkan untuk internasional semua pemain harus mengikuti aturan FIBA, yakni tidak mengenakan hijab di dalam lapangan.

"Kami akhirnya memutuskan tidak akan ambil bagian dari pertandingan yang tersisa di Asian Games," ucap salah seorang pejabat Komite Olimpiade Qatar seperti dilansir reuters, Kamis (25/9).
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9388 seconds (0.1#10.140)