Lifter Korut Kembali Pecahkan Rekor Dunia

Kamis, 25 September 2014 - 18:03 WIB
Lifter Korut Kembali Pecahkan Rekor Dunia
Lifter Korut Kembali Pecahkan Rekor Dunia
A A A
INCHEON - Lifter putri Korea Utara (Korut) kembali memecahkan rekor dunia dari kelas 75kg yang bertahan sejak 2011 lalu. Rekor dunia yang diukir Kim Un-ju di Asian Games 2014, Incheon, Korsel itu terjadi di angkatan clean and jerk setelah berhasil mengangkat barbel seberat 164kg. Sedangkan untuk total angkatan Un-ju juga berhasil memecahkan rekor Asian Games dengan 292kg.

Un-ju memperbaiki rekor dunia sebelumnya yang dibuat lifter Rusia, Nadezhda Yevstyukhina. "Saya berterima kasih atas dukungan yang begitu hangat yang terus memberikan semangat," ucapnya kepada wartawan seperti dilansir kantor berita Yonhap, Kamis (25/9).

Lifter 24 tahun itu tidak bisa menyembunyikan kegembiraanya usai memastikan memecahkan rekor dunia. Ia melambaikan tangan dan kemudian berlari ke arah pendukungnya. Ia pun mengambil bendera untuk dikibarkan saat upacara pengalungan medali.

Sementara medali perak diraih lifter China, Kang Yue yang mencatat total angkatan 291kg. Perunggu direbut rekan senegara Un-ju, Ring Jong-sim dengan angkatan 271kg.

Buat kontingen Korut, ini adalah pemecahan rekor dunia ketiga di cabang angkat besi. Sebelumnya, Korut telah diharumkan namanya oleh Kim Un-guk dan Om Yun-chol yang sukses memecahkan rekor dunia. Mereka pun berada di posisi kedua dalam perolehan medali terbanyak dengan sembilan medali di bawah China dengan 10 medali.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5047 seconds (0.1#10.140)