Atlet Afrika Sumbang Emas untuk UEA

Sabtu, 27 September 2014 - 22:22 WIB
Atlet Afrika Sumbang Emas untuk UEA
Atlet Afrika Sumbang Emas untuk UEA
A A A
INCHEON - Kontingen Uni Emirat Arab (UEA) akhirnya bisa meraih emas di ajang Asian Games 2014, Incheon, Korsel. Menariknya emas ini dipersembahkan atlet Afrika asal Ethiopia.

Jangan aneh. Alia Saeed Mohammed memang berasal dari benua hitam. Namun ia sudah menjadi atlet nasional UEA dan berhasil menorehkan sejarah dengan menjadi pendulang emas pertama buat negaranya.

Alia menjadi juara cabang atletik nomor 10 ribu meter yang berlangsung di Stadion Utama Incheon, Sabtu (27/9). Ia berhasil mengungguli pesaingnya asal China, Ding Changgin dan Ayumi Hagiwara dari Jepang yang harus puas mendapatkan perak dan perunggu.

Seperti dilaporkan IAAF, pelari berusia 20 tahun itu masuk finis pertama dengan catatan waktu 31 menit, 51.86 detik. Catatan itu pun memperbaiki raihan prestasi pribadinya.

Hijrahnya beberapa atlet asal Afrika, seperti Ethiopia dan Kenya ke beberapa negara gurun, Bahrain dan Qatar terjadi dalam beberapa tahun ini. Pada Asian Games 2010 Guangzhou, Bahrain dan Qatar mendominasi nomor jarak jauh putra dengan meraih enam medali emas di nomor 5 ribu meter dan 10 ribu meter.

Untuk kawasan nama Alia sekarang memang sangat diperhitungkan. Di Kejuaraan Asia tahun lalu ia tampil sebagai juara di nomor yang sama, 10 ribu meter dengan waktu 32:39.39 detik. Prestasi juga diraihnya saat tampil di kejuaraan cross country dengan masuk finis di urutan kedua.

Raihan emas sepertinya masih terbuka buat Alia. Nomor 5 ribu meter akan dilakoninya dan dengan keberhasilannya meraih emas di 10 ribu meter, ia akan mendapatkan tekanan dari para pesaing.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8247 seconds (0.1#10.140)