Malaysia Tolak Kembalikan Medali Emas Wushu

Rabu, 01 Oktober 2014 - 14:33 WIB
Malaysia Tolak Kembalikan Medali Emas Wushu
Malaysia Tolak Kembalikan Medali Emas Wushu
A A A
INCHEON - Malaysia mengonfirmasi, mereka menolak kembalikan medali emas dari cabang wushu yang diraih Tai Cheau Xuen di Asian Games, Incheon, Korea Selatan, meski sang atlet gagal lulus tes doping. Tai tak lolos lantaran positif menggunakan siburtamine, stimulan yang dilarang oleh Komite Olimpiade Asia (OCA).

"Mengapa kami harus mengembalikan medali emas itu?" tanya Chef de Mission Malaysia Datuk Danyal Balagopal Abdullah seperti dikutip NDTV, Rabu (1/10).

Balagopal berkilah, sampel urin Tai yang dijadikan bahan tes bisa saja tertukar dengan atlet lainnya. Pasalnya, ada empat sampel lain yang juga turut dites.

"Satu hari ketika urin itu diambil dari Tai, ada empat sampel lain yang diletakkan bersamaan. Ada kemungkinan itu tidak sengaja tertukar. Mengapa kami harus mengembalikan medali itu?" lanjut Balagopal.

Sebelumnya kasus doping juga ditemui di cabang sepakbola. Pemain Tajikistan, Khurshed Beknazarov menjadi atlet pengguna doping pertama dan disusul atlet soft tenis asal Kamboja, Yi Sophany yang sama menggunakan sibutramine.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5219 seconds (0.1#10.140)