Satu Lagi Atlet Didepak dari Incheon

Rabu, 01 Oktober 2014 - 15:39 WIB
Satu Lagi Atlet Didepak dari Incheon
Satu Lagi Atlet Didepak dari Incheon
A A A
INCHEON - Karateka asal Suriah Nour Aldin Al-Kurdi menjadi atlet kelima di Asian Games Incheon 2014 yang gagal tes doping. Dewan Olimpiade Asia (OCA) mengumumkan, Rabu (1/10), Al-Kurdi positif menggunakan zat terlarang steroid clenbuterol dalam tes pra-kompetisi pada 25 September lalu.

Cabang karate memulai kompetisi Kamis (2/10), dan Al-Kurdi telah didiskualifikasi dari lomba. Menurut OCA, hasil tes tersebut akan diserahkan kepda Badan Anti-Doping Dunia (WADA) serta federasi olahraga karate internasional dan nasional.

Sebelum Al-Kurdi, kasus doping juga menimpa atlet wushu peraih emas nomor nanquan asal Malaysia Tai Cheau Xuen. Panitia telah mencopot emas Tai Cheau Xuen karena terbukti menggunakan sibutramine. Zat tersebut biasanya ditemukan dalam pil penurun berat badan, namun termasuk stimulan yang dilarang dalam sport.

Beberapa jam setelah kasus Tai Cheau Xuen, OCA mengumumkan atlet angkat besi Irak Mohammed Jasim Abboo Al Aifuri juga gagal tes.

Pesepak bola Tajikistan Khurshed Beknazarov merupakan atlet pertama yang dicoret keikutsertaannya dalam pesta olahraga empat tahunan ras kuning itu pada 23 September lalu, dan atlet soft tennis Kamboja Yi Sophany mengikutinya dua hari kemudian.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7736 seconds (0.1#10.140)
pixels