Hagino, Calon Atlet Terbaik Asian Games 2014

Sabtu, 04 Oktober 2014 - 14:12 WIB
Hagino, Calon Atlet Terbaik Asian Games 2014
Hagino, Calon Atlet Terbaik Asian Games 2014
A A A
INCHEON - Perenang Jepang Kosuke Hagino masuk dalam nominasi atlet terbaik Asian Games 2014, Incheon, Korsel. Label calon atlet terbaik ini disematkan setelah Hagino berhasil meraih empat emas, satu perak dan dua perunggu.

Kejayaan Hagino di kolam renang jauh hari memang sudah diprediksi. Ia mengawali prestasi menawannya saat berlaga di Olimpiade 2012 London dengan meraih perunggu nomor 400 meter gaya ganti perseorangan. Setahun selanjutnya di Kejuaraan Dunia di Barcelona, medali perak nomor 200 meter dan 400 meter gaya ganti perseorangan menjadi bukti jika di Asian Games kali ini Hagino bakal merajai kolam renang.

Bahkan sesumbar atlet China, Sun Yang yang bakal menjegal kayuhan Hagino pun tidak terbukti. Bahkan, Yang yang bekerjasama dengan perenang tuan rumah, Park Taehwan terbuang percuma.

"Saya tidak memperkirakan sebelumnya (meraih gelar atlet terbaik). Saya ingin mengucapkan terima kasih pada keluarga dan tim," ucapnya Yonhap, Sabtu (4/10).

Di Incheon, Hagino memulai aksi pertamanya dengan merebut emas nomor gaya ganti 200 meter. Bukan hanya emas, ia pun sukses mencetak rekor Asia. Kehebatannya terus berlanjut di nomor 200m gaya bebas, 4x200m gaya bebas estafet, dan 400m gaya ganti perseorangan.

Atas prestasinya ini tak heran jika perenang 20 tahun ini bakal menjadi calon bintang di Olimpiade 2016 Rio da Janeiro. "Saya ingin melakukan yang terbaik di Rio dua tahun dari sekarang dan Olimpiade di Tokyo enam tahun mendatang," sahutnya.

Mengenai persaingannya dengan Yang dan Taehwan di 200m gaya bebas, ia mengatakan sangat senang bisa mendapatkan pengalaman besar berkompetisi dengan dua perenang besar Asia itu.

Hagino akan bersaing dengan nominasi lainnya, seperti atlet anggar tuan rumah Nam Hyun-hee, Kim Jae-bum (judoka Korsel), Yao Jinnan (pesenam China), Suriyan Peachan (sepaktakraw Thailand), Cao Yifei (petembak Taiwan, Kim Un-guk (ligter Korut) dan David Nicol Ann (squash Malaysia). Nama-nama atlet ini nantinya akan dipilih oleh 1.600 jurnalis yang meliput Asian Games 2014.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7158 seconds (0.1#10.140)