Tim Putra dan Putri Jabar Juarai Voli Pasir

Senin, 20 Oktober 2014 - 20:03 WIB
Tim Putra dan Putri Jabar Juarai Voli Pasir
Tim Putra dan Putri Jabar Juarai Voli Pasir
A A A
BANDUNG - Tim voli pasir putra dan putri Jawa Barat berhasil keluar sebagai juara pada babak kualifikasi Pekan Olahraga PON Remaja I/2014 yang digelar pada tanggal 16-19 Oktober 2014 di Surabaya. Untuk tim Putra Jabar berada di posisi teratas disusul posisi dua Sumatera Barat, dan diperingkat tiga ditempati Nusa Tenggara Barat. Sedangkan di tim putri DKI Jakarta harus puas menempati peringkat kedua di bawah Jabar. Dan peringkat ketiga ditempati Daerah Istimewa Yogyakarta.

Manajer tim Jabar, Pepen Supendi menuturkan, kemenangan kedua tim Jabar baik putra dan putri tersebut merupakan hasil kerja keras atlet dan penerapan strategi jitu dari pelatih dan tim. “Alhamdulillah kita bisa sapu bersih, baik tim putra dan tim putri keluar sebagai juara pada babak kualifikasi PON Remaja di Surabaya. Ini semua tidak terlepas dari kerja keras dan kerjasamatim. Dan yang paling utama adalah penerapan strategi yang dilakukan tim pelatih,”ungkap Pepen kepada wartawan saat kembali ke Kota Bandung, Senin (20/10).

Pada kualifikasi tersebut, dari 26 provinsi yang tampil diambil 12 besar untuk bisa tampil pada pelaksanaan PON Remaja 2014 nanti. Ia mengaku, hasil yang diraih tim Jabar sudah melebihi target. Pasalnya tim Jabar sebelumnya hanya menargetkan satu medali emas dan satu perak.

Namun hasilnya dinilai sangat memuaskan, karena bisa melebihi target yaitu baik tim putra dan tim putri berhasil membawa pulang medali emas. Hasil tersebut merupakan modal penting bagi tim voli pasir Jabar untuk bisa dipertahankan pada PON Remaja yang peramakalinya akan digelar di Indonesia tersebut. “Ini modal bagi kami yang harus dipertahankan. Meskipun begitu, kami juga tidak mau terlena dengan kemenangan. Karena perjuangan aslinya kan nanti di PON Remaja. Kami tetap akan mengevaluasi hasil ini,”terangnya.

Dengan hasil ini juga, Pepen bisa menilai peta kekuatan lawan yang akan bersaing nanti di Desember mendatang. Sehingga para pelatih dan tim bisa kembali mengatur strategi sambil menyiapkan para atletnya untuk lebih prima lagi. Untuk tim voli pasir putra, Jabar yang diperkuat Afrizal dan Yanuar menang di semua pertandingan. Di pertandingan pertama Jabar menang 2-1 atas lawannya Kalimantan Utara (Aldo/Dirga) dengan hasil set pertama 15-21, set kedua 21-13 dan set ketiga 15-8.

Pertandingan kedua Jabar melawan tim asal Maluku dan menang dengan WO. Setelah itu Jabar ditantang Sulawesi Tengah (Agung/Rizky), dan kembali Jabar menang 0-2 dengan hasil set pertama 16-21 dan set kedua 14-21.

Begitu juga dengan pertandingan berikutnya Jabar harus berhadapan dengan Jateng (Doni/Herry). Afrizal dan Yanuar berhasil meraih kemenangan 0-2 atas Jateng dengan poin 17-21 di set pertama dan 12-21 diset kedua. Dan memastikan diri tim putra Jabar lolos ke semi final.

Di semifinal Jabar harus berhadapan dengan tim asal Bali yang diperkuat Kadek dan Ketut. Dimana pada pertandingan ini juga Jabar menang 0-2 dengan poin 21-23 diset pertama dan 12-21 diset kedua. Pada babak final, tim putra Jabar harus bermain tiga set karena kuatnya perlawanan tim asal Sumatera Barat. Set pertama Jabar memimpin 21-18, namun dibabak dua tim Sumbar memenangkan set dengan peraihan poin 17-21. Pada set ketiga tim Jabar kembali memenangkan pertandingan dengan poin 15-13 dan menjuarai babak kualifikasi PON Remaja I/2014.

Sedangkan untuk voli pasir putri, tim Jabar diperkuat atletnya Rianthi dan Dian. Berbeda dengan tim putra, pada pertandingan pertama tim putri harus mengalami kekelahan dari tim asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan hasil 2-0.

Begitu juga pada pertandingan keduanya melawan Kaltim yang bermain tiga set. Jabar harus mengakui keunggulan tim lawan yang menang 1-2 atas tim putri Jabar. Tidak mau mengalami kekalahan ketiga kalinya, Rianthi dan Dian memenangkan pertandingan saat melawan kalimantan selatan dengan poin 2-0 dan lolos ke babak berikutnya.

Belajar dari pertandingan sebelumnya, tim putri Jabar berhasil memenangkan kembali pertandingan ke empat saat melawan tim asal Kalimantan Utara dengan poin 2-0.

Motivasi para atlet Jabar semakin besar saat harus menghadapi tim asal Sumatera Selatan. Bagaimana tidak, jika tim Jabar memenagkna pertandingan, Jabar bisa lolos ke semi final. Dan benar saja, Jabar menang atas Sumsel 2-0. Dimana didua set Jabar unggul.

Di babak semifinal, kedua atlet Jabar mati-matian melawan tim Bangka Belitung. Diset pertama Rianthi dan dian menang 21-16 atas lawannya. Begitu juga di set kedua, keduanya mampu unggul cukup jauh dari Bangka Belitung dengan poin 21-10. Dan memastikan diri lolos ke babak final.

Pada babak final ini Jabar harus berhadapan dengna atlet asal DKI Jakarta, Marsela dan Dewi. Diset pertama Jabar tertinggal sembilan poin dari lawannya. Namun diset kedua tim putri Jabar mampu bangkit dan membalikan kemenangan dengan skor 12-21. Diset tambahan, keunggulan atlet Jabar mampu membawa timnya memenangkan set dengan skor 10-15 atas Dki Jakarta dan melenggang sebagai sang juara.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0216 seconds (0.1#10.140)