Pesta Europa

Sabtu, 25 Oktober 2014 - 12:36 WIB
Pesta Europa
Pesta Europa
A A A
LONDON - Pesta gol di Liga Champions berlanjut ke Liga Europa. Sejumlah klub sanggup mengakhiri pertandingan ketiga fase grup, dini hari kemarin, dengan menjebol jala lawan berkali-kali.

Dari Jerman, Borussia Moenchengladbach melibas Apollon Limassol (Siprus) 5-0 di Borussia Park. Die Fohlen mengikuti jejak VfL Wolfsburg di Grup H, yang menghancurkan FC Krasnodar (Rusia) 4-2 di Stadion Kuban, beberapa jam sebelumnya. Hasil itu membuka peluang melaju ke fase berikutnya. Moenchengladbach (5 poin) dan Wolfsburg (4 poin) kini menjadi runner-up di grup masing-masing.

Pencapaian Moenchengladbach dan Wolfsburg melengkapi prestasi tim Bundesliga lainnya di Liga Champions. Empat tim yang terlibat tampil meyakinkan. Bayern Muenchen melumat AS Roma 7-1 di Stadio Olimpico. Borussia Dortmund mencukur Galatasaray 4-0 di Turk Telekom Arena, Istanbul. Schalke 04 menang 4-3 atas Sporting Lisbon di Veltins-Arena, Gelsenkirchen.

"Di kompetisi ini (Liga Europa) kami memasang target tinggi. Kami ingin lolos ke fase knock-out sejauh mungkin. Bila perlu, hingga final dan juara," kata Pelatih Gladbach asal Swiss, Lucien Favre, dikutip Sportal.

Pesta gol juga diciptakan klub Inggris, Tottenham Hotspur, kala menjamu Asteras Tripolis (Yunani) di White Hart Lane. Harry Kane mencetak hattrick dan Erik Lamela (2 gol) untuk membuat Spurs mencetak skor 5-1. Tim satu grup Tottenham, Besiktas, juga berpesta. Mereka menghajar Partizan Belgrade empat gol tanpa balas untuk mempertahankan rekor belum pernah kalah bersama Tottenham.

"Saya senang dan bangga dengan pencapaian para pemain. Mereka luar biasa. Lamela dan Kane pemain-pemain kelas dunia," ujar Pelatih Spursasal Argentina Mauricio Pochettino, kepada BBC Sport.

Penampilan agresif Tottenham otomatis mengobati hasil mengecewakan klub-klub Inggris di laga Liga Champions sebelumnya. Di kompetisi itu, Arsenal harus berjuang hingga akhir sebelum menaklukkan Anderlecht 2-1. Manchester City (Man City) berbagi hasil 2-2 melawan CSKA Moskow dan Liverpool dimangsa Real Madrid 0-3. Hanya Chelsea yang layak mendapat pujian seusai membekuk NK Maribor 6-0.

Namun, sukses Spursdi Liga Europa tidak diikuti Everton. The Toffees justru bermain imbang tanpa gol saat menyambangi markas Lille OSC di Allianz Riviera Arena. Beruntung, hasil imbang tidak menggoyahkan posisi klub rival domestik Liverpool itu di tangga paling atas klasemen sementara Grup H. Mereka unggul satu poin atas Wolfsburg dan dua poin atas Lille.

Bagaimana dengan klub Spanyol? Villarreal juga ternyata berpesta gol lewat kemenangan 4-1 atas FC Zurich (Swiss) di Estadio El Madrigal. Sayang, sukses Kapal Selam Kuning tidak diikuti Sevilla yang harus gigit jari akibat ditahan imbang tanpa gol oleh Standard Liege (Belgia) di Stade Maurice Dufrasne. Setidaknya, Spanyol bisa sedikit tenang. Soalnya, Villarreal dan Sevilla masih bertengger di urutan pertama.

Dari semua liga-liga elite Eropa, Seri A menjadi yang paling sial pada tengah pekan ini. Italia bisa dikatakan hancur lebur. Selepas runtuhnya AS Roma dan Juventus di Liga Champions, kini giliran Napoli serta Inter Milan. I Partenopei dihajar Young Boys 0-2 dan I Nerazzurri hanya bermain 0-0 kontra Saint-Etienne. Hanya Fiorentina yang sukses memetik kemenangan atas PAOK Thessaloniki dan Torino yang membenamkan HJK Helsinki.

M mirza

SABTU 25 OKTOBER 2014
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7190 seconds (0.1#10.140)