Hari Penentuan

Rabu, 29 Oktober 2014 - 12:34 WIB
Hari Penentuan
Hari Penentuan
A A A
PADANG - Semen Padang, Arema Cronus, dan Persipura Jayapura menghadapi hari penentuan nasib ke semifinal. Semen Padang akan menjamu Arema Cronus di Stadion H Agus Salim, sedangkan Persipura melawat ke markas Persela Lamongan di Stadion Surajaya, sore nanti.

Arema, Semen Padang, dan Persipura membutuhkan kemenangan demi memastikan tiket ke semifinal. Arema sebagai pemuncak klasemen Grup K dengan 10 angka belum sepenuhnya aman. Jika sampai kalah, peluang Arema bisa menguap seandainya Persipura menang di kandang Persela.

Beban tuan rumah Semen Padang tak kalah berat. Dengan sembilan poin dan berada di peringkat 2 klasemen, mereka bisa saja lolos meski kalah dengan syarat Persipura menyerah dari Persela.

"Saya ingin menang. Sebenarnya imbang sudah cukup untuk lolos. Tapi, jujur saja mencari hasil imbang itu gampang-gampang susah dan malah sangat berisiko jika kami main setengah-setengah. Ini pertandingan yang atmosfernya berbeda sehingga harus tancap gas," papar Suharno, pelatih Arema.

Arema memiliki cerita yang indah karena pernah menang 1-0 di Stadion Agus Salim pada putaran pertama Wilayah Barat lalu. Paling tidak, itu bisa menjadi inspirasi atau tambahan kepercayaan diri bagi Ahmad Bustomi dkk.

"Jangan sekali-sekali berpikir bahwa Arema akan mengulang kemenangan. Saya menyarankan pemain tidak memikirkan hasil dulu. Pekerjaan awal yang wajib dilakukan adalah bermain sebaik mungkin dan tak melakukan kesalahan. Semen Padang tim yang berbahaya," tandasnya.

Arema bakal bisa memainkan komposisi ideal setelah Thierry Gathuessi kembali dari skorsing akumulasi kartu kuning. Dengan adanya Thierry, Suharno lebih bisa melakukan variasi taktik, baik skema 4-3-3 maupun 3-5-2 yang jarang sukses sejauh ini.

Melihat karakter kedua tim, tampaknya bakal tersaji sebuah pertandingan yang mendewakan kecepatan. Arema dan Semen Padang samasama memiliki pemain depan dan sayap berkecepatan tinggi dan bisa menjadi pembeda laga.

Dari kubu Semen Padang, Pelatih Jafri Sastra mengatakan timnya dalam kondisi siap tempur demi tiket semifinal. Dia menilai Kabau Sirahharus menentukan nasib sendiri, tanpa berharap Persipura kalah di Lamongan."Harus diakui ada kemungkinan faktor keberuntungan untuk lolos ke semifinal, tapi kami akan fokus memenangkan pertandingan karena itu yang sangat kami butuhkan. Semuanya bisa terjadi karena Arema dan Semen Padang di level yang sama dan pernah saling mengalahkan," ucap Jafri.

Jafri maupun Suharno samasama menyebut peluang menang adalah fifty-fifty. Semen Padang yang berpredikat tuan rumah belum bisa menepuk dada karena faktanya bisa ditaklukkan Singo Edanpada fase wilayah lalu.

"Dalam kondisi ini bermain di kandang belum menjadi jaminan. Jika melihat bobot lawan, pilihan satu-satunya adalah bermain dalam level terbaik. Saya rasa tim sudah sangat siap beradu teknik dan mental dengan Arema," tandasnya.

Kukuh setyawan
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0856 seconds (0.1#10.140)