Luis Suarez Sudah Cukup Memuaskan

Jum'at, 31 Oktober 2014 - 11:29 WIB
Luis Suarez Sudah Cukup...
Luis Suarez Sudah Cukup Memuaskan
A A A
KEKALAHAN1-3 dari Real Madrid saat el clasico ternyata memengaruhi performa Barcelona di Estadi Montilivi. El Barca tampil mengecewakan saat melawan Espanyol pada laga tidak resmi berjuluk Piala Super Catalan.

Meski menang lewat penampilan yang biasa-biasa saja, Luis Enrique Martinez tetap puas dengan kinerja pasukannya. Secara khusus, dia memuji Luis Suarez. El Pistolero dianggap telah menyatu dengan skema dan filosofi tim.

Berikut petikan wawancara Enrique tentang Suarez, Lionel Messi, dan Barcelona, dilansir dari berbagai sumber.

Sejauh ini Suarez belum juga menyumbang gol bagi Barcelona, meski sudah dua kali tampil (1 di Primera Liga, 1 di Piala Super Catalan). Apa ini tidak akan menjadi masalah?

Suarez sudah memberikan kontribusi penting bagi tim ini. Dia menunjukkan presisi setiap kali melakukan sesuatu. Dia memperlihatkan mobilitas dan dedikasi. Dia mampu menyamai level pemain lain pada babak pertama.

Pada Piala Super Catalan, Anda bereksperimen dengan menurunkan beberapa pemain muda, salah satunya Adama Traore, yang baru berusia 18 tahun. Apakah dia layak mengikuti laga seperti ini?

Sebagai pelatih, kami berusaha mengembangkan performa semua pemain yang dimiliki. Adama merupakan pilihan bagus dari Barcelona B dan dia mendapat kesempatan tampil di tim utama.

Beralih ke Lionel Messi. Kabarnya dia tidak dalam kondisi bugar saat menghadapi Madrid. Bahkan, beredar isu dia harus disuntik pain killeragar bisa tampil?

Itu bukan wewenang saya. Semua itu tim medis yang menentukan. Jika Messi harus disuntik pain killer, itu keputusan tim medis. Itu demi kebaikan pasien dan pemain.

Apakah Anda menyadari kalau saat itu Messi belum fit sepenuhnya?

Saya tidak tahu. Namun, menurut pengamatan saya, dia terlihat sudah fit 100%. Saya juga selalu menyarankan agar setiap pemain tidak disuntik pain killer. Ada kalanya langkah ini membantu pemulihan. Namun, rekomendasi saya mengenai hal ini sudah jelas.

Messi tidak diturunkan melawan Espanyol. Apakah kondisinya makin memburuk?

Messi hanya kelelahan. Tidak ada masalah serius. Saya juga tidak bisa membeberkan laporan kesehatan. Itu rahasia yang hanya boleh diketahui pemain bersangkutan.

Anda terus dikritik karena salah menyusun strategi saat di Estadio Santiago Bernabeu. Anda disarankan tetap menerapkan gaya khas Barcelona, tapi itu sama sekali tidak diindahkan?

Sejak awal saya mengatakan kalau ada beberapa orang yang mau mendengar kritikan, tapi tidak dengan saya. Saya tahu apa yang harus dilakukan. Sebab, itu bagian dari pekerjaan saya.

Lalu, apa respons Anda untuk meredakan situasi ini?

Saya tidak tahu benar apa yang diungkapkan media. Namun, saya senang dengan sikap para pemain setelah laga itu. Itu membuat saya lebih termotivasi. Saya bertanggung jawab penuh atas kekalahan dari Madrid. Jika ada yang perlu disalahkan, itu berarti saya.

M Mirza
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0690 seconds (0.1#10.140)