Waktunya Bangkit

Rabu, 05 November 2014 - 10:13 WIB
Waktunya Bangkit
Waktunya Bangkit
A A A
AMSTERDAM - Kenangan buruk menghantui Barcelona yang tengah berusaha bangkit. Ambisi meraih kemenangan atas tuan rumah Ajax Amsterdam dibayangi memori kekalahan 1-2 pada kunjungan terakhir.

El Azulgrana tumbang di Amsterdam ArenA, 26 November 2013, pada matchday5 Grup H Liga Champions. Hasil negatif tersebut tidak menghalangi langkah mereka menuju babak 16 besar. Namun, ingatan tidak menyenangkan itu tentu membuat anak asuh Luis Enrique makin tertekan.

Barcelona sedang disorot setelah takluk secara beruntun di Primera Liga. Kegagalan memetik angka di dua pertandingan ini menjerumuskan mereka ke peringkat 4 klasemen, tertinggal dua poin di belakang pemimpin tabel Real Madrid. Padahal, Barcelona sempat memimpin enam nilai atas rival abadinya itu. ”Wajar kalau seluruh mata tertuju ke kami. Kami mengalami pekan buruk, tapi kami ingin mengubah keadaan,” tandas gelandang Sergio Busquets, dikutip situs resmi klub.

Lionel Messi dkk sudah bertemu Ajax di Liga Champions musim ini. Bersua di Camp Nou, Selasa (21/10), mereka dalam posisi nyaman berkat gol Neymar dan Messi. Namun, Barcelona sempat keringat dingin karena Anwar El Ghazi membuka harapan tim tamu beberapa saat sebelum laga selesai. Beruntung Sandro Ramirez memastikan kemenangan tuan rumah pada injury time.

Partai itu ditambah kenangan tahun lalu, menunjukkan Barcelona tidak mungkin meremehkan Ajax pada duel dini hari nanti. Sebab, kekalahan tidak hanya memengaruhi kondisi psikologis. Peluang mencari kehormatan di Eropa turut terancam. Barcelona hanya akan memimpin satu angka atas Ajax jika kembali tumbang di Amsterdam ArenA pada persaingan Grup F.

Di lain pihak, kesuksesan dapat mengangkat semangat tim. Luis Suarez siap membantu. Menghadapi klub yang membesarkan namanya, penyerang asal Uruguay tersebut berniat mempersembahkan gol perdana bagi El Azulgrana. ”Saya ajak seluruh pendukung Barcelona supaya terus memberi semangat dan tidak kehilangan kepercayaan. Saya yakin Barcelona tim terbaik dunia,” tandas Suarez.

Messi juga termotivasi. Dia ingin segera melewati Raul Gonzalez (71) sebagai top skor Liga Champions. Pemain terbaik dunia empat kali itu sejauh ini telah menorehkan 69 gol. Namun, Messi memiliki rival lain. Cristiano Ronaldo (70) bisa mencapainya terlebih dahulu asalkan merobek gawang Liverpool dini hari tadi. Hanya Barcelona yang mampu mengangkat diri mereka sendiri. Tidak mudah melakukannya. Sebab, Ajax berencana menambah penderitaan. ”Tahun lalu kami strategi kami berjalan. Tentu sulit mengulangnya, tapi siapa yang tahu,” tandas bek Ajax Ricardo van Rhijn.

Ha rley ikhsan
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6487 seconds (0.1#10.140)