Neuer Sindir Ronaldo

Rabu, 19 November 2014 - 12:33 WIB
Neuer Sindir Ronaldo
Neuer Sindir Ronaldo
A A A
MUNICH - Kiper Jerman Manuel Neuer pesimistis bisa merebut FIFA Ballon d’Or 2014. Pasalnya, dia tidak tenar seperti kandidat lain, salah satunya Cristiano Ronaldo. Setelah membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil, Neuer masuk daftar 23 pemain calon pemenang penghargaan tersebut.

Selain itu, dia juga mampu memenangkan berbagai gelar bersama Bayern Munchen, yakni menjuarai Bundesliga dan DFB Pokal. Tapi, Neuer merasa pencapaiannya tersebut tidak berarti apa-apa saat pemenang FIFA Ballon d'Or diumumkan pada 12 Januari 2015. Sebab, dia tidak piawai memublikasikan diri. Berbeda dengan Ronaldo yang begitu populer dan hidup bak selebriti.

“Saya hanya seorang olahragawan, bukan seorang duta berbagai produk. Saya hanya terlibat sebagai kiper adidas. Saya bukan tipe orang yang nyaman berpose dengan pakaian dalamnya,” ujar Neuer, dilansir Daily Mail.

“Saya tidak suka dengan karpet merah dan lebih memilih lapangan hijau. Saya merasa lebih nyaman di atas lapangan mencoba menjadi yang terbaik.” Selain itu, Neuer juga merasa peluangnya sangat kecil bagi seorang kiper untuk mendapatkan penghargaan terbaik di dunia itu.

Penilaian peraih FIFA Ballon d’Or kebanyakan dilihat dari catatan gol dan assist. Dengan begitu, kiper kelahiran Gelsenkirchen, Jerman, 27 Maret 1986, ini pun tidak terlalu berharap lebih dengan hasilnya nanti.

“Setelah pertandingan, hal-hal yang banyak diperlihatkan adalah gol-gol, peluang, dan assist. Penonton cenderung tidak mengingat bahwa kiper sudah menghentikan banyak bola yang sulit dengan mengambil risiko besar atau mengatur pertandingan dari belakang,” cetus Neuer.

Sejak Ballon d'Or dianugerahkan pada 1956, hanya baru ada satu kiper mampu merebut gelar itu, yaitu Lev Yashin (Uni Soviet) pada 1963. Setelah itu, belum ada lagi yang bisa meraihnya. Padahal, kiper hebat macam Gianluigi Buffon (Italia) dan Iker Casillas (Spanyol) pernah merasakan kesuksesan bersama negara masing-masing. Namun, mereka juga belum mendapatkan kesempatan mendapatkannya.

Raikhul amar
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6522 seconds (0.1#10.140)