Menang Besar, Merah Putih Tersingkir

Jum'at, 28 November 2014 - 21:07 WIB
Menang Besar, Merah Putih Tersingkir
Menang Besar, Merah Putih Tersingkir
A A A
HANOI - Tim nasional Indonesia harus menelan pil pahit di Piala AFF 2014. Menang besar 5-1 atas Laos di laga terakhir Grup A tidak membuat langkah Tim Merah Putih lolos ke semifinal. Pasalnya, di laga lainnya Vietnam sukses menggilas Filipina 3-1.

Indonesia sebenarnya sempat menunjukan kepercayaan diri sejak babak pertama dimulai dalam pertandingan yang digelar di Stadion Stadion Hang Dai, Jumat (28/11). Evan Dimas yang mengisi skuat utama Tim Garuda .untuk pertama kalinya berhasil membuktikan dirinya sebagai pemain harapan masa depan.

Buktinya, hanya tujuh menit setelah laga dimainkan, pemain kelahiran Surabaya ini berhasil mencetak gol pembuka bagi Indonesia. Melihat dampak yang dibuat Evan Dimas dalam tujuh menit pertama penampilannya bersama tim besutan Alfred Riedl tentunya terbersit sebuah pertanyaan besar di kepala, kenapa Evan Dimas tidak diturunkan sejak laga pertama?

Perubahan strategi yang dilakukan .Riedl kali ini kembali menunjukan perubahan signifikan setelah di menit 20, Ramdani Lestaluhu yang dua pertandingan sebelumnya hanya duduk di bangku cadangan, berhasil menggandakan keunggulan bagi Indonesia. Pemain yang memperkuat Persija Jakarta ini berhasil mencetak angka berkat umpan pendek Cristian Gonzales di dalam kotak penalti Laos.

Namun sayang, semangat yang telah dibangun para pemain muda Indonesia harus dilukai dengan pelanggaran keras yang dilakukan Supardi sehingga memaksa wasit menghadiahkan tendangan penalti bagi Laos. Supardi sendiri langsung diganjar kartu merah dan membuat Indonesia harus bermain dengan 10 orang di lapangan.

Di babak kedua, Evan Dimas yang dipercaya menghuni barisan tengah pertahanan Indonesia, tampak diberi keleluasaan untuk lebih mengendalikan permainan. Terbukti aliran bola yang datang dari lini belakang, selalu terlebih dahulu singgah di kaki Evan Dimas.

Dan perannya kembali menunjukkan sebuah hasil, saat di menit 49 Evan Dimas yang berlari dari tangah lapangan memberikan umpan pendek di depan gawang Laos dan berhasil dimanfaatkan dengan sempurna oleh Ramdani Lestaluhu. Indonesia kembali memperlebar jarak menjadi 3-1.

Namun sayang dua menit berselang Ramdani Lestaluhu harus ditarik keluar lapangan lantaran dibekab cedera. Riedl pun terpaksa harus memasukan Muhammad Ridwan.

Laos yang semakin jauh tertinggal, terlihat terus membombardir jantung pertahanan Indonesia. Para pemain Timnas Garuda pun terpaksa harus berkonsenterasi pada lini pertahanan. Hal inilah yang akhirnya membuat Alfred Riedl terpaksa harus menarik keluar Boaz Solosa dan menggantikannya dengan Zulham Zamrun untuk memperkuat lini tengah.

Masuknya Zulham Zamrun langsung berhasil memberi angin segar di menit 80. Pemain yang memperkuat Mitra Kukar ini berhasil memperlebar kedudukan menjadi 4-1 untuk keunggulan Indonesia setelah memanfaatkan umpan M. Ridwan.

Indonesia akhirnya berhasil meggenapkan keunggulan menjadi 5-1 berkat gol bunuh diri yang dilakukan Ketsada Souksavanh usai berusaha menghalau bola yag dilesakkan Zulham Ramrun dari sisi kanan pertahanan Laos.

Susunan Pemain Indonesia vs Laos:
Indonesia:
I Made Wirawan, Zulkifli Syukur, Victor Igbonefo, Ahmad Jufriyanto, Supardi, Hariono, Manahati Lestusen, Ramdhani Lestaluhu, Boaz Salossa, Evan Dimas, Cristian Gonzales.

Pelatih: Alfred Riedl.

Laos:
Sengathit Somvang, Saynakhonevieng Phommapanya, Ketsada Souksavanh, Saycon Khunsamnam, Bounthavy Sipasong, Phountdavy Phommasane, Khonesavanh Sihavong, Keoviengpheth Lithideth, Soukaphone Vongchiengkham, Vilayout Sayyabounsou, Khampeng Sayavutthi.

Pelatih: David Booth.
(rus)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6126 seconds (0.1#10.140)