Kali ini Menang!

Jum'at, 05 Desember 2014 - 07:46 WIB
Kali ini Menang!
Kali ini Menang!
A A A
FIRENZE - Kekalahan dari Fiorentina tidak mencegah laju Juventus menduduki takhta Seri A 2013/2014. Kini La Vecchia Signora harus memetik hasil berbeda karena gelar belum pasti digenggam.

Paul Pogba dkk musim lalu memastikan scudettoketiga secara beruntun, meski menyerah 2-4 di Artemio Franchi, Oktober 2013. Mereka tampil perkasa sepanjang kampanye dan hanya takluk dua kali. Selain Fiorentina, tim yang sukses menumbangkan Juventus adalah Napoli. Mereka unggul 17 angka atas pesaing terdekat AS Roma kala kompetisi selesai. Meski Antonio Conte pergi, Juventus tetap menunjukkan performa mengesankan pada 2014/2015.

Di tangan Massimiliano Allegri, mereka cuma kehilangan lima poin di 13 pertandingan. Namun, jarak Juventus dengan rival terbesar, kebetulan masih Roma, saat ini baru tiga nilai. Di sinilah lawatan ke Artemio Franchi, dini hari nanti, terasa krusial. Kekalahan Juventus, disertai kemampuan Roma mencundangi Sassuolo sehari berselang, membuat perolehan poin kedua klub sama.

Tidak mustahil keadaan bakal berbeda jika skenario itu terwujud. Juventus kemudian bisa disalip dan pada akhirnya kehilangan mahkota Seri A. Beruntung bagi Juventus, penyebab mimpi buruk musim lalu tidak akan bermain pada kesempatan kali ini. Giuseppe Rossi, yang mencetak hattrickuntuk Fiorentina, absen akibat cedera.

Namun, Juventus tetap harus mewaspadai ancaman Mario Gomez yang mencetak gol perdana musim ini pekan lalu. Apalagi, kondisi Gianluigi Buffon diragukan dan Stephan Lichtsteiner terkena sanksi disiplin. ”Saya pasti mendukung rekan-rekan dari tribune. Pertemuan musim lalu adalah momen indah, tidak hanya bagi pemain, melainkan juga tifosi. Semoga kami dapat kembali merasakannya,” kata Rossi, dikutip Football Italia.

Duel Fiorentina dan Juventus merupakan salah satu rivalitas paling sengit Seri A. Persaingan dimulai pada 1981/ 1982 ketika Juventus menyalip La Viola pada pekan penutup demi merebut gelar. Permusuhan keduanya semakin membara setelah Juventus membeli bintang Fiorentina Roberto Baggio.

”Antisipasi laga ini begitu tinggi. Atmosfer sudah terasa sejak dua minggu sebelum pertandingan. Masyarakat Firenze sangat peduli laga melawan Juventus, melebihi derby,” tandas mantan pemain Juventus dan Fiorentina, Angelo di Livio. Sekitar 2.000 pendukung Juventus dilaporkan akan hadir di Artemio Franchi. Mereka berharap dapat menyaksikan tim kesayangan membalas kekalahan musim lalu sekaligus melanjutkan rapor sempurna bulan lalu.

La Vecchia Signorasukses menyapu bersih enam lawan sepanjang November. Di lain pihak, Fiorentina mulai menemukan stabilitas. Mereka meraih tiga hasil positif berturut-turut.

Harley ikhsan
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7387 seconds (0.1#10.140)