Asosiasi Futsal Siap Tancap Gas

Minggu, 14 Desember 2014 - 09:04 WIB
Asosiasi Futsal Siap Tancap Gas
Asosiasi Futsal Siap Tancap Gas
A A A
JAKARTA - Rapat anggota komite eksekutif (Exco) Asosiasi Futsal Indonesia (AFI) di Jakarta, Selasa (9/12), fokus bangun piramida kompetisi profesional dan amatir, serta penguatan program tim nasional Indonesia. Program menyeluruh yang sebelumnya sudah dirumuskan AFI dari kompetisi putra dan putri, hingga timnas putra dan putri, setelah melihat perkembangan di daerah, akhirnya difokuskan ke beberapa program unggulan.

“Dari banyak program yang sudah disiapkan AFI untuk 2015, setelah melihat kondisi AFD (Asosiasi Futsal Daerah) yang belum benar-benar siap semua, maka dalam rapat Exco diputuskan pelaksanaan berpegang pada skala prioritas,” jelas Edy Prasetyo, Sekjen AFI.

Untuk kompetisi, AFI akan menggulirkan Liga Futsal Profesional pada Februari 2015. Sedangkan bagian dari hirarki kompetisi, level amatir yakni Futsal Nusantara akan bergulir dari babak provinsi sejak Maret hingga Juni mendatang.

“Dengan berpegang pada skala prioritas, maka untuk 2015 fokus ke kompetisi yang pria dulu. Futsal Nusantara memasuki babak nasional dari Agustus – Oktober. Dua minggu lagi, regulasi terkait program ini akan kami serangkan ke PSSI untuk disahkan,” lanjut Edy.

Bukan hanya mempersiapkan kompetisi, program pengelolaan Timnas yang dijalankan AFI juga layak disimak. Bukan hanya bersiap menjadi tuan rumah AFF Futsal Championship 2015 di Yogyakarta dari 8-18 Oktober mendatang, beberapa event internasional juga disiapkan.

“Sebelum itu, kami menyiapkan turnamen “Big Four” dengan peserta Indonesia, Uzbekistan, Iran, dan Jepang. Setelah itu, Futsal Revenge tim semifinalis AFF Futsal Championship 2014, Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Australia,” tambah Edy.

Tidak hanya seputar kompetisi dan timnas, AFI juga akan berkomunikasi dengan AFF terkait ajang antar klub yang harus mengalami bergeseran waktu. Bukan hanya di level Asean, saat ini AFI juga tengah bersiap mengajukan bidding untuk tuan rumah AFC Championship 2016.

“Kita juga tengah menunggu kepastian di SEA Games, apakah futsal dipertandingkan di Singapura. Jika iya, kami juga akan mempersiapkan tim, baik putra maupun putri. Intinya, semua target juara. Dan ini semua nanti akan kita komunikasikan dengan AFD bersamaan dengan sesi workshop di awal tahun depan,” tutup Edy.
(rus)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6434 seconds (0.1#10.140)