Fisik Pebulutangkis Digembleng

Kamis, 25 Desember 2014 - 09:52 WIB
Fisik Pebulutangkis Digembleng
Fisik Pebulutangkis Digembleng
A A A
JAKARTA - Pelatih fisik PP PBSI, Iwan Hermawan dan Felix Ary Bayu Merta telah menyusun rancangan program jelang Olimpiade Rio de Janiero 2016 mendatang. Salah satunya adalah membenahi masalah fisik pebulutangkis Tanah Air.

Sebenarnya program ini telah berlangsung sejak tahun lalu, namun dengan jadwal kualifikasi menuju Olimpiade 2016 bakal berlangsung pada Mei 2015, membuat Iwan tergerak untuk mempertajam fisik para pemain.

Susunan rangking dunia per 5 Mei 2016 akan menjadi acuan siapa-siapa saja yang berhak untuk berlaga di multi event empat tahunan tersebut. Sebagai bentuk realisasi program persiapan atlet ke olimpiade, PBSI telah membentuk tim khusus salah satunya divisi sport science yang dipimpin oleh Basri Yusuf yang juga Kepala Bidang Pengembangan PBSI.

Di dalamnya terdapat beberapa disiplin yang dapat digunakan untuk menunjang performa atlet yaitu program latihan fisik, nutrisi, psikologi, fisioterapi dan sebagainya. Hal ini diungkapkan Iwan dalam konferensi pers di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (24/12/2014) kemarin.

"Tiap sektor nantinya akan punya pelatih fisik masing-masing. Setiap atlet elit juga akan mendapat program latihan fisik yang tailor made, artinya dirancang khusus untuk masing-masing individu, jadi program tiap atlet berbeda dengan atlet lainnya," kata Iwan dikutip Badmintonindonesia, Kamis (25/12/2014).

"PBSI juga sudah punya standar parameter fisik dan ini bisa menjadi pegangan. Memasuki tahun 2015 akan ada tes fisik. Hasilnya akan sangat berguna untuk menyusun program di tahun tersebut. Kami berharap peningkatan kualitas fisik bersinergi dengan peningkatan teknik, psikologi dan sebagainya," imbuhnya.

Pada tahun 2014, PBSI telah melakukan pendataan kondisi fisik atlet-atlet pelatnas. Berdasarkan hasil tersebut, atlet putra sudah punya daya tahan yang baik, namun tim pelatih masih punya pekerjaan rumah (PR) di bagian putri yang akan terus dikejar pada tahun depan.

Iwan menambahkan program persiapan fisik atlet pada 2014 terfokus pada perbaikan komponen dasar. Pada tahap selanjutnya, tim pelatih akan membangun kondisi fisik spesifik atlet bulutangkis. Sehingga pada 2016 mendatang para atlet tinggal fokus dalam mempertajam dan mempertahankan kondisi fisik yang telah terbentuk.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4306 seconds (0.1#10.140)