Gengsi Pramusim

Jum'at, 26 Desember 2014 - 10:30 WIB
Gengsi Pramusim
Gengsi Pramusim
A A A
JAKARTA - Tim-tim elite kontestan Indonesia Super League (ISL) mulai berbenah. Persaingan tidak saja terjadi dalam rekrutmen pemain, tapi juga pada laga pramusim mereka.

Laga pramusim menjadi salah satu ajang pamer kekuatan kontestan. Tidak sekadar beruji coba melawan tim sesama peserta ISL, tapi juga melawan klub luar negeri. Bahkan, Mitra Kukar memutuskan menggelar persiapan sekaligus laga pramusim di negeri jiran. Jika musim lalu Naga Mekes , julukan Mitra Kukar, melakoni pramusim di Spanyol, tahun ini mereka terbang ke Thailand.

Total ada 22 pemain yang diboyong manajemen Mitra Kukar ke Negeri Gajah Putih . Mereka akan menjajal tiga klub asal Thailand. Diawali dengan laga uji coba melawan klub Divisi 1 Thailand, TTM Customs FC, (27/12), dilanjutkan dengan menghadapi Air Force Central, Selasa (30/12). Air Force Central adalah salah satu klub kontestan Liga Primer Thailand yang finis di peringkat 19 musim lalu.

Terakhir giliran klub yang finis di papan tengah Liga Primer Thailand, yaitu Army United yang akan menjajal Zulham Zamrun dkk, 3 Januari 2015. Besar kemungkinan semua lawan yang dihadapi Mitra Kukar selama di Thailand atas rekomendasi pelatih mereka, Scott Cooper. Sebab, memang jejak Cooper sejak 2013 begitu kental dengan atmosfer raja sepak bola Asia Tenggara itu.

“Saya pikir itu bagus karena kami bisa bermain dengan tim yang saya tahu, fasilitas bagus, hotel bagus, dan kami pergi dari Indonesia sehingga orang-orang tidak tahu apa yang kami lakukan. Ini ibaratnya latihan rahasia,” ungkap Copper, yang sebelumnya sukses bersama dua tim Thailand, seperti Buriram United dan Muangthong United. Selain Mitra Kukar yang sudah memulai masa pramusimnya di Thailand, beberapa klub lain juga menyusun hal serupa. Persija Jakarta misalnya.

Klub Ibu Kota yang dinilai memiliki skuad mumpuni setelah melakukan pembelian besar-besaran sejauh ini sudah menjadwalkan tiga agenda uji coba selama masa pramusim. Mereka membuka uji coba dengan terbang ke Malaysia untuk menjajal kekuatan Kelantan FA di Kota Baru, Kelantan, 2 Januari mendatang. Setelah itu Persija akan bertindak sebagai tuan rumah hajatan pramusim bertajuk Trofeo Persija, 11 Januari mendatang.

Pesertanya adalah Arema Cronus dan Sriwijaya FC (SFC). Terakhir, Persija mengundang salah satu klub kuat Jepang Gamba Osaka di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, seminggu sebelum kick-off ISL 2015.

Selain beberapa ajang pramusim atas inisiatif klub masing-masing, ajang pemanasan berbentuk turnamen juga siap diputar. Seperti Marahalim Cup, 7-13 Januari 2015. Delapan tim seperti PSMS Medan, tim nasional Indonesia U-23, timnas Myanmar U-20, dan klub asal Australia Perth Glory akan saling adu kekuatan di Stadion Teladan Medan.

Decky irawan jasri
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6980 seconds (0.1#10.140)