Korban Kedua

Rabu, 31 Desember 2014 - 09:48 WIB
Korban Kedua
Korban Kedua
A A A
WEST BROMWICH - Kerasnya Liga Primer musim ini kembali memakan korban. Kali ini Alan Irvine harus kehilangan jabatannya sebagai pelatih West Bromwich Albion. Dia menjadi arsitek tim kedua yang harus terdepak di Liga Primer musim ini.

Pemecatan itu dikonfirmasi pihak klub melalui situs resminya Senin (29/12) malam waktu setempat. Irvine dinilai gagal mendongkrak performa West Brom lantaran hanya mampu mempersembahkan satu kemenangan dari sembilan laga terakhir Liga Primer.

Petinggi klub disinyalir telah kehilangan kesabaran pascakekalahan 0-2 dari Stoke City, Minggu (28/12). Total, dari 19 pertandingan Liga Primer, pelatih berusia 56 tahun itu hanya mampu mempersembahkan 4 kemenangan, 5 imbang, dan 10 kekalahan. Akibatnya, klub berjuluk The Baggiestersebut tercecer di peringkat 16 klasemen sementara dengan 17 poin atau berjarak dua setrip dari zona degradasi.

Untuk sementara, posisi yang ditinggalkan Irvine akan diisi Asisten Pelatih Rob Kelly. Meski ditunjuk sebagai caretaker, masa depan Kelly dan asisten Irvine lainnya, yakni Keith Downing juga tidak menentu. Nasib keduanya akan ditentukan setelah West Brom menemukan pelatih baru. ”Kami menunjuk Alan pada musim panas lalu karena kami yakin dia merupakan salah satu pelatih terbaik di Inggris,” demikian bunyi pernyataan resmi klub.

”Mengenai apa yang terjadi dengan klub saat ini, tidak akan mengubah pandangan kami terhadapnya. Alan telah membuat semua orang terkesan dengan sikapnya, dedikasi, dan ketekunan. Tetapi, dia mengetahui jika hasil yang diraihnya bersama tim tidak terlalu baik. Kami mengucapkan terima kasih atas usahanya dan mendoakan yang terbaik baginya pada masa depan,” sambung pernyataan tersebut.

Namun, petinggi West Brom mengakui jika kehadiran Irvine telah memberikan dampak positif, khususnya bagi perkembangan pemain-pemain muda. ”Kemajuan dan perkembangan individu pemain kami seperti Craig Dawson dan Saido Berahino adalah bukti kehebatannya. Tetapi sayangnya, itu tidak bisa diterjemahkan ke dalam hasil di lapangan dan memengaruhi posisi Irvine sebagai pelatih,” papar mereka.

Bagi Irvine, kegagalannya menangani West Brom dalam tujuh bulan terakhir jelas menjadi pukulan telak. Maklum, itu merupakan pengalaman pertamanya melatih klub Liga Primer. Dia menjadi pelatih kedua yang dipecat sepanjang Liga Primer musim ini. Sebelumnya, Sabtu (27/12), Neil Warnock juga kehilangan pekerjaannya sebagai pelatih Crystal Palace.

Lowongnya kursi kepelatihan West Brom membuat spekulasi suksesor Irvine bermunculan. Nama mantan arsitek Tottenham Hotspur Tim Sherwood menjadi kandidat terkuat. Sherwood bahkan hampir mendarat di The Hawthorns musim panas lalu. Akan tetapi, negosiasi berjalan buntu karena tuntutan gaji plus keinginan Sherwood membawa asistennya, Les Ferdinand, dan Chris Ramsey tidak mendapatkan persetujuan dari kubu West Brom.

Selain Sherwood, West Brom juga dihubungkan dengan mantan pelatih Crystal Palace Tony Pulis. Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah Pulis mau menerima segala kebijakan struktural klub. Aktivitas transfer West Brom dikendalikan oleh direktur teknis, dalam hal ini Terry Burton.

Alimansyah
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5116 seconds (0.1#10.140)