Rugby Siap Eksebisi di PON 2016

Senin, 26 Januari 2015 - 00:23 WIB
Rugby Siap Eksebisi di PON 2016
Rugby Siap Eksebisi di PON 2016
A A A
BANDUNG - Menatap pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016, Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan rugby Union Indonesia (PRUI) Jawa Barat gencar mensosialisasikan olahraga asal Eropa tersebut. Untuk itu, atas dukungan dari International Rugby Board (IRB) dan juga Pengurus Besar (PB) PRUI Pusat, Pengda PRUI Jabar menggelar program Get Into Rugby (GIR) yang digelar di Lapangan KPAD Bandung, Minggu (25/01).

Program ini dihadiri atlet rugby Jabar, Rumah Cemara, dan juga karang taruna dari Sukasari disaksikan masyarakat yang penasaran dengan cabor tersebut. "Program ini merupakan program dari internasional untuk mensosialisasikan olahraga rugby di dunia, khususnya Indonesia dan juga Jawa barat. Program ini di Jabar pertamakali dilakukan dan kita mendatangkan trainer dari PB PRUI, karena memang aturan mainnya seperti itu,"ujar Wakil Ketua Pengda PRUI Jabar, Banco, Minggu (25/1/2015) kemarin.

Banco menilai, banyak hal yang harus dilakukan Pengda PRUI menjelang gelaran multi event di 2016 mendatang. Meskipun di PON mendatang cabor ini hanya baru eksibisi, namun berbagai upaya dilakukannya terutama sosialisasi cabor. "Banyak yang kita lakukan dari persiapan strategi sosialisasi, mempersiapkan atlet, dan juga menyeleksi atlet,"tegasnya.

Karena menurutnya, Jabar memiliki segudang potensi. Apalagi dengan tagline Jabar Kahiji di 2016 pihaknya mendukung sepenuhnya. Sebagai tuan rumah PON XIX/2016, Banco berambisi untuk tidak mengecewakan tatar pasundan. "Potensi Jabar sangat bagus. Walaupun eksibisi kita sangat konsen, kerena sebagai tuan rumah, kami tidak boleh mengecewakan. Harus menunjukkan yang terbaik,"katanya.

Terlebih Pengda PRUI terbilang baru bergabung dengan KONI. Cabor ini resmi masuk dalam organisasi KONI Jabar pada Oktober tahun lalu. Bahkan rencana terdekat dari Pengda PRUI ini adalah akan melantik beberapa Pengcab di Jabar. "Yang sudah ready ada Kota Bandung, Kota Bogor dan Karawang. Kita sudah memberikan mandat tinggal surat keputusan dan dilantik. Untuk Kota Bandung saat ini sudah memiliki pemain timnas, yaitu pemain naturalisasi dari Prancis yang sudah lima tahun menetap di bandung,"ujarnya.

Banco mengaku sudah memiliki target untuk bisa membentuk kepengurusan di seluruh daerah di Jabar pada 2015 ini. Bahkan implementasi dari program IRB ini, lanjut Banco, Pengda PRUI akan melakukan road show ke sekolah-sekolah, ke kampus dan juga masyarakat luas melalui karang tarunanya yang ada di Jabar dibantu dengan pengcab yang ada saat ini.

Untuk di nasional sudah terdapat 8 Pengda PRUI yang aktif melakukan pembinaan, salah satunya Jabar, Papua, Bali, Sulsel dan akan menyusul dilantik DKI Jakarta. "Potensi Jabar juga sekarang ada di klub, ada sekitar tiga klub yang eksis di setiap kejuaraan nasional maupun internasional. Untuk pelatih ada sekitar 9 orang yang sudah ikut sertifikasi,"terangnya.

Sementara itu, National Development Manager PB PRUI, Karina Lakshminingtum Soerjanatamihardja menuturkan, PB PRUI saat ini memang tengah dikejar target untuk mensosialisasikan olahraga ini. Sehingga dukungan penuh pun diberikan langsung dari IRB.

Dengan kegiatan GIR ini, kata Karin, diharapkan cabor rugby bisa lebih berkembang. Bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia. Pasalnya program ini serentak dilakukan di seluruh dunia untuk pengembangan tingkat partisipan di cabor ini.

"Agenda dari PB ini adalah program yang dirancang dari kepengurusan organisasi rugby dunia di Irlandia untuk pengembangan rugby. Jadi sistemnya untuk permulaan ini adalah simple, fun dan no contact,"kata Karin yang menjadi trainer pada program GIR tersebut.

Ia berharap dengan program yang digelar di Jabar ini bisa menarik partisipan lebih banyak lagi. Apalagi di 2016 Jabar akan menjadi tuan rumah PON XIX/2016. "Kami sebagai pembimbing tetus melakukan pelatihan ke daerah tiap provinsi. Karena mereka diberi target dalam setahun untuk melanjutkan program ini, dan kita akan terus evaluasi supaya targetnya tercapai,"tandasnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6812 seconds (0.1#10.140)