Si Gajah Melenggang ke Final Piala Afrika 2015

Kamis, 05 Februari 2015 - 04:48 WIB
Si Gajah Melenggang ke Final Piala Afrika 2015
Si Gajah Melenggang ke Final Piala Afrika 2015
A A A
BATA - Pantai Gading berhasil lolos ke final keempatnya di Piala Afrika. Bermain di Estadio de Bata, Bata, Guinea Equatorial, The Elephants alias Si Gajah, julukan timnas Pantai Gading, menang atas Kongo dengan skor 3-1 di semifinal, Kamis (5/2/2015) dini hari WIB.

Pantai Gading tampaknya tak ingin melewatkan kesempatan emasnya bisa lolos ke final dan menuntaskan dahaga juara. Terakhir kali pasukan Herve Renanrd juara pada 1992 lalu dan jadi runner-up 2006 dan 2012 lalu.

Sejak peluit kick-off dibunyikan wasit Neant Alioum, Pantai Gading langsung menggebrak. Hasilnya, di menit ke-21, Yaya Toure membuka keunggulan timnya.

Gelandang serang Manchester City menendang bola dari jarak 20 yard yang tak bisa di halau kiper Kongo Kidiaba. Namun keunggulan 1-0 tak berlangsung lama sebab lawan bisa membalas melalui aksi Dieumerci Mbokani tiga menit berselang. Skor berubah jadi 1-1.

Empat menit jelang turun minum, giliran stiker AS Roma, Gervinho yang catatkan namanya di papan skor. Memanfaatkan kesalahan di lini tengah Kongo, Gervinho menggandakan kedudukan setelah kerja sama dengan Wilfred Bony sekaligus menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1.

Babak kedua berjalan, Pantai Gading butuh waktu 23 menit untuk pastikan kemenangan 3-1 lewat aksi Wilfried Kanon. Pemain yang berkarier di Belanda bersama klub ADO Den Haag itu mencetak gol lewat skema sepak pojok di menit ke-68.

Kongo coba menyerang dengan menarik Cedrik Makiadi dan memasukkan Firmin Ndombe Mubele. Di sisi lawan, Pantai Gading telah menarik Saka Tiene dan memasukkan gelandang bertahan Ousmane Viera Diarrassouba.

Taktik tersebut membuat Kongo kesulitan menambah gol. Pertandingan berakhir dan memastikan Pantai Gading lolos ke final dengan kemenangan 3-1.

Di laga pemungkas, mereka bakal menantang pemenang laga antara tuan rumah Guinea Ekuatorial yang berhadapan dengan Ghana yang akan berlangsung Jumat (5/2/2015) dini hari WIB.

Susunan Pemain:

Kongo: Kidiaba; Mbema, Kimwaki, Zakuani, Issama, Kasusula, Makiadi (Nubele'79), Mabwati (Kebano'69), Bolasie, Bokila, Mbokani (J. Kabananga'61)

Cadangan: Kudimbana, Oualembo, Munganga, Mulumbu, Kage, Kebano, Mabela, Kabananga, Mongongu, Mabidi Mubele, Mandanda

Pantai Gading: Gbohuou; Aurier, K Toure, Bailly, Kanon, Tiene (Diarrassouba'72), Die, Y Toure, Gradel (Kalou'62), Gervinho, Bony (Traore'92)

Cadangan: Barry, Viera, Roger, Doukoure, Doumbia, Kalou, Tallo, Akpa, Akpro, Diomande, Traore, Mande
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0869 seconds (0.1#10.140)