Efek Marco Reus

Jum'at, 13 Februari 2015 - 09:52 WIB
Efek Marco Reus
Efek Marco Reus
A A A
DORTMUND - Borussia Dortmund bisa memanfaatkan atmosfer efek perpanjangan kontrak Marco Reus untuk keluar dari zona degradasi. Momen itu dapat digunakan Die Borussen untuk mencuri tiga angka dari Mainz 05.

Dortmund beserta seluruh pendukung sedang berbahagia menyusul keputusan Reus. Gelandang serang berusia 25 tahun itu menunjukkan kesetiaannya dengan memperpanjang kontrak hingga 2019. Reus rela menolak pinangan serta gaji tinggi dari klub lain dan memilih tetap menjadi anak asuh Juergen Klopp. Reus sebenarnya punya sejumlah alasan untuk hengkang dari Signal Iduna Park.

Salah satunya penurunan prestasi Dortmund yang saat ini berkutat di zona degradasi. Melihat kondisi saat ini hampir dipastikan Dortmund tidak akan tampil di Liga Champions pada musim depan. Reus juga berkesempatan membela klub besar mengingat dirinya diincar Bayern Muenchen, Real Madrid, Chelsea, Manchester United, sampai Manchester City.

Godaan terbesar adalah gaji. Dia bisa menerima upah dua kali lipat lebih tinggi dari yang diterimanya di Dortmund. Kabar menyebutkan, para peminatnya bersedia membayar hingga 10 juta euro per musim. Di samping itu, sulit bagi Dortmund untuk terus mempertahankan Reus lantaran buy out clausecuma 25 juta euro. Tapi, dia tetap memilih Dortmund, klub yang sudah dibelanya sejak 2012.

“Masih banyak yang harus dilakukan. Saya ingin membantu mengurangi beban tim,” ujar Reus, dilansir Reuters. Keputusan Reus disambut sukacita semua pihak dan diyakini dapat mendatangkan atmosfer positif. “Saya sangat bahagia dia mengambil keputusan ini. Saya bahagia dia memutuskannya secara dini. Itu penting bagi kami. Itu keputusan menyangkut masa depan kami bersama,” ungkap Klopp.

Kesetiaan Reus kepada Dortmund dipercaya bisa meningkatkan motivasi rekanrekannya untuk memenangkan setiap pertandingan, khususnya saat menjamu Mainz 05. Maklum, laga kandang dini hari nanti membuka peluang bagi Dortmund untuk keluar dari area berbahaya. Dortmund perlahan naik dari dasar klasemen ke peringkat 16 setelah melibas Freiburg 3-0.

Itu kemenangan pertama Dortmund di Bundesliga setelah mencatat dua imbang dan tiga kalah. Sukses atas Freiburg membuat Mats Hummels dkk terpaut satu angka dari Paderborn di peringkat 15. Jika nanti mengalahkan Mainz 05, tentu berpotensi mengangkat harkat Dortmund yang sejak enam pekan lalu berada di zona degradasi. “Kemenangan atas Freiburg sudah mengembalikan kepercayaan diri yang hilang setelah melawan Augsburg. Selanjutnya kami harus meraih angka sebanyak mungkin. Ini tugas utama yang kami hadapi,” kata Klopp.

Berbekal atmosfer positif yang menyelimuti ruang ganti, Dortmund punya kans besar menundukkan Mainz 05. Reus dapat tampil lepas karena tidak ada lagi yang dipikirkan. Dia bukan tidak mungkin kembali mencetak gol, seperti ketika menjebol gawang Freiburg. Kepercayaan diri pemain juga membaik setelah mendulang angka penuh. Tapi, senjata utama Dortmund adalah rekor pertemuan.

Kendati kalah 0-2 pada September lalu di Coface Arena, sejatinya, Dortmund masih dominan atas Mainz 05. Terbukti, di luar hasil negatif itu, Dortmund terus menang di enam perjumpaan sebelumnya. Dortmund juga selalu menundukkan Mainz 05 di tiga kunjungan terakhirnya.

M mirza
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1040 seconds (0.1#10.140)