Berkah Garuda Muda

Kamis, 26 Februari 2015 - 12:18 WIB
Berkah Garuda Muda
Berkah Garuda Muda
A A A
JAKARTA - Ditundanya kick-off Indonesia Super League (ISL) 2015, memberi keuntungan bagi tim nasional (timnas) Indonesia U-23 sebelum tampil pada Kualifikasi AFC U-23 2016, 23-31 Maret mendatang.

Penundaan membuat persiapan skuad Garuda Muda tidak terganggu. Tim asuhan Aji Santoso, memang sedang bersiap melewati hadangan tampil di ajang Piala AFC U-23 2016. Terpilih menjadi salah satu tuan rumah pada babak kualifikasi Grup H, Manahati Lestusen dkk akan ditantang tim-tim seperti Korea Selatan (Korsel), Brunei Darussalam, dan Timor Leste, 27 Maret mendatang.

Laga perdana, timnas akan menjamu Timor Leste, dilanjutkan Brunei Darussalam dan pada pertandingan terakhir menghadapi Korsel . “Jika kompetisi kick-off Februari jelas persiapan timnas Indonesia U-23 akan sedikit terganggu. Sekarang, dengan kick offISL digelar awal April, para pemain justru bisa kumpul semua.

Tim bisa benar-benar konsentrasi,” ungkap Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-23 Mustaqim, kepada KORAN SINDO, kemarin. Pelatih yang sempat menukangi Persela Lamongan, Gresik United, dan Deltras Sidoarjo itu sangat berharap keuntungan yang dimiliki bisa berbuah pada penampilan apik saat tampil di ajang sesungguhnya.

Apalagi, timnas U-23 Indonesia hanya membutuhkan minimal duduk sebagai runner upGrup H untuk lolos ke fase selanjutnya. “Untuk persiapan kami tampil di Kualifikasi AFC U-23 sampai akhir Maret memang tidak akan terganggu. Tapi kami tentu juga sangat berharap bantuan dari klub agar bisa legawa memberikan para pemainnya ke timnas,” paparnya.

Sebagai persiapan tampil pada ajang tersebut, timnas U-23 Indonesia sudah melakoni emam laga uji coba sejauh ini. Diawali dengan ditahan imbang Martapura FC, 0-0, 4 Januari lalu. Dilanjutkan menundukan eks timnas Indonesia U-19 dengan skor telak, 1-4, (5/2). Uji coba terakhir diperiode Februari, timnas Indonesia U- 23, kembali menang, 3-1, dari Tim Pra PON Jatim, (7/2).

Setela melakoni tiga laga uji coba lokal, timnas Indonesia U- 23 berkesempatan menjalani tiga pertandingan berlevel internasional. Dua kali ditantang Suriah, pada 10 dan 14 Februari lalu, timnas Indonesia U-23 mencatatkan dua hasil yang berbeda. Yaitu bermain imbang, 0-0, dipertemuan pertama dan kedua kalah tiga gol.

Pada dipertandingan uji coba terakhir masih berlevel internasional, timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan saat dijajal Malaysia. Skuad Garuda Mudaunggul tipis, 1-0, lewat aksi Paulo Oktavianus Sitanggang. Setelah melawan Malaysia, timnas Indonesia U-23 akan menantang Vietnam di My Dinh National Stadium, Hanoi, 9 Maret mendatang.

“Setelah lawan Vietnam, mungkin akan ada tim lokal sebelum kami tampil diajang sesungguhnya. Tidak yang berat-berat lawannya. Itu dilakukan untuk menjaga kepercayaan diri pemain saya. Siapa lawannya, kami belum bisa memastikannya saat ini. Itu tergantung kami akan pelatnas terakhir di mana,” tutup Mustaqim.

Decky irawan jasri
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6203 seconds (0.1#10.140)