EL CLASICO: Barcelona Enggan Diunggulkan

Minggu, 22 Maret 2015 - 13:38 WIB
EL CLASICO: Barcelona Enggan Diunggulkan
EL CLASICO: Barcelona Enggan Diunggulkan
A A A
BARCELONA - Laga tensi tinggi terhampar di Camp Nou, Minggu (22/3/2105) atau Senin (23/3/2015) pukul 03.00 WIB. Laga bertajuk El Clasico mempertemukan dua poros kekuatan sepak bola Spanyol. Barcelona yang mewakili kekuatan Katalan melawan Real Madrid yang mewakili elite Ibukota Spanyol. Laga nanti tak hanya mempertaruhkan gengsi, tapi juga penting bagi perburuan trofi La Liga Spanyol musim ini.

"El Clasico berbeda dari pertandingan lain. Kami melawan musuh lama dan jika kami menang, mereka kehilangan poin. Ini adalah pertandingan yang sangat menarik," jelas Pelatih Barceloa Luis Enrique kepada Marca.

"Laga kontra Real Madrid selalu memiliki arti khusus untuk kepercayaan publik Camp Nou. Ini pertandingan penting dalam perburuan trofi La Liga, tapi ini bukan sebagai penentu juara karena masih tersisa 10 laga di depan."

Enrique terkesan hati-hati. Sebab, Barcelona memimpin klasemen hanya unggul satu poin atas Real Madid. Barcelona mengoleksi 65 poin dan Madrid 64 angka. Rumah taruhan mengunggulkan Barcelona untuk melanjutkan rekor mereka di kandang, yang mencatat 17 kemenangan dari 18 laga terakhir di Camp Nou. Paddy Power menaruh 5/1 untuk Blaugrana mengalahkan Madrid. Sedangkan Asian Handicap menaruh Barcelona 0:3/4. Barcelona berani voor Madrid hingga 3/4 bola.

Selain skuat yang on fire, satu lagi keuntungan Barcelona adalah tampil di depan publik sendiri. Dukungan fans di Camp Nou kian menggairahkan Lionel Messi dkk untuk mengatasai rival abadinya itu. Dalam sepuluh pertemuan terakhir antara kedua raksasa Spanyol itu di Camp Nou, Barcelona memenangkan lima dan kalah dua kali, dengan tiga pertandingan berakhir imbang. Marjin terbesar kemenangan Barcelona kontra Madrid di Camp Nou adalah 5-0 pada pekan ke-13 La Liga musim 2010/2011.

Namun, gelandang Andres Iniesta menolak timnya favorit mengalahkan Madrid. "Di El Clasico semua bisa terjadi. Saya tidak berpikir Madrid bermain buruk dan ini adalah pertandingan penting bagi kami, melawan pesaing sesungguhnya," kata Iniesta.

EL CLASICO: Barcelona Enggan Diunggulkan


Sementara di kubu Madrid, Pelatih Carlo Ancelotti kehilangan Sami Khedira, bek Fabio Coentrao, dan James Rodriguez yang masih dalam pemulihan cedera. Namun, kembalinya Sergio Ramos dan Luka Modric, Ancelotti memiliki rencana taktis yang jelas.

Kemungkinan Ancelotti menempatkan Marcelo dan Dani Carvajal, dua pemain belakang yang cenderung menyerang ini sebagai full-back. Ancelotti yang biasa menggunakan 4-3-3 bisa mengubahnya menjadi 4-2-3-1 jika Modric turun kembali bersama Toni Kroos, dan memberi Isco lebih banyak kebebasan. Gareth Bale dan Cristiano akan menempati posisi melebar, dengan Karim Benzema sebagai center forward.

Madrid datang ke Camp Nou setelah kalah lima laga dari 16 pertandingan selama tahun 2015, yang menyebabkan mereka disalip Barcelona. Tapi, Ancelotti boleh senyum melihat rekor Clasico sepanjang sejarah La Liga, dimana Madrid memenangi 71 laga, 32 kali imbang dan 66 kali kalah.

Ancelotti juga menatap rekor tiga kemenangan beruntun Clasico, di dua Clasico sebelumnya Ancleotti selalu menang. Jika sukses mengalahkan Barcelona, itu pertama kali sejak 1978, Madrid bisa memenangi tiga Clasico beruntun.

"Bagi setiap tim, ini adalah pertandingan yang istimewa, Clasico punya suasana yang berbeda dengan laga lain," kata Ancelotti. "Tapi kami santai menghadapi ini, percaya diri, dan siap untuk memainkan permainan terbaik. Kami merasa jauh lebih baik, dan memiliki Modric dan Ramos untuk game ini akan banyak membantu."

EL CLASICO: Barcelona Enggan Diunggulkan


Enam Pertemuan Terakhir


25-10-2014 La Liga Real Madrid vs Barcelona 3-1
16-04-2014 Copa del Rey Barcelona vs Real Madrid 1-2
23-03-2014 La Liga Real Madrid vs Barcelona 3-4
26-10-2013 La Liga Barcelona vs Real Madrid 2-1
02-03-2013 La Liga Real Madrid vs Barcelona 2-1
26-02-2013 Copa del Rey Barcelona vs Real Madrid 1-3

Perkiraan Pemain

Barcelona (4-3-3): Bravo; Alves, Pique, Mathieu, Alba; Busquets Rakitic, Iniesta; Neymar, Messi, Suarez.
Pelatih: Luis Enrique

Real Madrid (4-2-3-1): Casillas; Carvajal, Pepe, Ramos, Marcelo; Kroos, Modric; Isco Bale, Ronaldo; Benzema.
Pelatih: Carlo Ancelotti.

Ket: Sumber grafis statistik La Liga 2014/2015: barcelona.com.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1219 seconds (0.1#10.140)
pixels