Ini Pasukan Berani Mati Skuat Garuda

Senin, 23 Maret 2015 - 14:45 WIB
Ini Pasukan Berani Mati Skuat Garuda
Ini Pasukan Berani Mati Skuat Garuda
A A A
SIDOARJO - Kompetisi Indonesia Super League (ISL) yang belum berputar mengganggu persiapan Tim Nasional Indonesia jelang friendly match lawan Kamerun, Rabu (25/3). Pelatih sementara Timnas Indonsia Benny Dollo kesulitan mendeteksi progres kualitas 23 pemain yang dipanggil menjalani latihan.
Alhasil, sebagian besar nama yang dipanggil ke Sidoarjo berdasar rujukan Piala AFC 2014. Bendol kesulitan mendeteksi kualitas pemain karena atmosfir kompetisi belum tercipta. Sedangkan pemain sejauh ini hanya sekadar uji coba bersama klubnya masing-masing.

Belum bergulirnya ISL juga berimplikasi pada kondisi fisik pemain yang hampir dipastikan tertinggal dengan lawan. Kamerun sendiri membawa sejumlah pemain yang berlaga di Eropa dengan situasi liga yang telah tertata. Belum lagi persoalan persiapan yang sangat minim.

Pemain baru berkumpul dua hari sebelum laga, itu pun belum sepenuhnya lengkap karena masih ada satu pemain yang belum bergabung. "Ini namanya Pasukan Berani Mati. Kami hanya berkumpul dua hari dan tak banyak yang bisa dilakukan,"kata Benny Dolo Gelora Delta Sidoarjo, Senin (23/3) pagi.

"Belum terciptanya atmosfer kompetisi di Indonesia memang menjadi problem tersendiri. Selain itu kedatangan pemain tidak bersamaan, ada yang baru datang Minggu malam. Hari ini langsung latihan ke penekanan taktik untuk penentuan starting line-up," tambahnya

Kendati menghadapi sejumlah problem, pelatih bersapa Bendol berjanji timnya bakal fight menghadapi Kamerun. Berdasar pantauan di hari pertama, menurutnya tak ada kekhawatiran besar terkait kondisi pemain maupun kemampuan teknik.

"Apa pun kondisinya, kami kan bermain atas nama negara. Jadi harus tetap fight dan melepaskan semua kemampuan yang dimiliki. Kamerun lawan yang bagus dan levelnya jauh di atas Indonesia, jadi memerlukan perjuangan keras walau berapa pun skor akhir tak jadi persoalan," cetus pelatih Sriwijaya FC ini.

Latihan di Gelora Delta Sidoarjo dimulai sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Pemain yang batal bergabung adalah Supardi Nasir karena istrinya baru menjalani operasi. Posisi Supardi digantikan pemain muda Persija Jakarta Saiful Indra Cahya.

Di latihan perdana Saiful belum menampakkan dirinya di lapangan. Benny Dolo mengatakan eks pemain Persik Kediri itu baru bisa mengikuti latihan pada Selasa (24/3). Sementara Risky Pellu yang menggantikan Immanuel Wanggai sudah kelihatan bersama tim.

Sedangkan pada Selasa (24/3) rencananya Benny Dolo bakal melakukan polesan terakhir sebelum laga lawan Kamerun pada Rabu (25/3) petang. Benny menargetkan sudah menemukan komposisi ideal yang diturunkan sebagai starter di laga nanti.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6595 seconds (0.1#10.140)