Batu Akik-Cenderawasih Mendunia Lewat Asian Games 2018

Senin, 06 April 2015 - 22:50 WIB
Batu Akik-Cenderawasih Mendunia Lewat Asian Games 2018
Batu Akik-Cenderawasih Mendunia Lewat Asian Games 2018
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi kembali memastikan gelaran Asian Games 2018 di Indonesia akan menggunakan maskot burung Cendrawasih. Untuk buah tangan para kontestan, Imam menyarankan panitia menyediakan batu mulia.

Burung Cendrawasih merupakan hewan endemik yang populasinya tersebar di Pulau Irian Jaya. Dipilihnya burung berekor cantik dianggap merepresentasikan identitas Indonesia. Adapun batu mulia, atau batu akik saat ini tengah booming di kalangan masyarakat Indonesia.

"Saya menyarankan pada panitia nanti, kita ingin maskot kita nanti bentuknya burung Cendrawasih dan cenderamata-nya memberdayakan batu akik," kata Imam, saat Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI, Senin (6/4/2015).

Dalam kesempatan yang sama, Imam juga meralat target yang dicanangkan pemerintah untuk Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada ajang Asian Games 2018. Bukan lima besar, kata Imam, yang menjadi target tuan rumah pada pesta olahrga terbesar di Asia itu. "Saya ralat, bukan lima besar tetapi sepuluh besar. Dan ada di kisaran posisi delapan," lanjut Imam.

Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games, setelah Vietnam menolak ketempatan menyusul hitung-hitungan mereka yang butuh dana besar. Sementara Presiden Joko Widodo meminta Menpora menekan anggaran dari APBN seminim mungkin, sambil membuka kerjasama swasta sebesar-besarnya.
(rus)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5164 seconds (0.1#10.140)