Alasan Erick Thohir Ingin Dirtek PSSI dari Jerman

Senin, 29 Mei 2023 - 18:00 WIB
Ketum PSSI Erick Thohir (tengah) mengungkapkan alasan berniat mencari Direktur Teknik (Dirtek) dari Jerman. Foto: PSSI
JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir menyebut Indonesia dan Jerman punya hubungan internasional yang cukup baik. Ini membuka peluang melakukan penjajakan mencari sosok untuk menempati posisi Direktur Teknik (Dirtek) PSSI dari sana.



Indra Sjafri yang menjabat Dirtek PSSI sebelumnya kini fokus menangani tim nasional (Timnas) Indonesia U-23. Ini mengharuskan PSSI mencari penggantinya.



Erick mengatakan Indonesia dan Jerman sudah punya kedekatan hubungan bilateral. Ini setelah menemani Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke sana.

"Nah, kami pilih Jerman karena memang kemarin baru saja melakukan bilateral meeting dengan Jerman. Itu saat perjalanan saya dengan Bapak Presiden (Jokowi)," ucap Erick.

Dia mengatakan jajaran pengurus PSSI dalam waktu dekat pun akan bertolak ke Frankfurt, Jerman. Itu untuk melakukan penjajakan dengan calon Dirtek baru.

"Itu supaya direktur teknik kami benar-benar independen sehingga ketika me-review semua pelatih juga secara independen," ucapnya.

Erick mengatakan sepak bola Jerman sudah cukup terbuka dengan pemain-pemain asal Asia. Tentunya hal itu membuka kesempatan untuk pemain-pemain muda Indonesia yang punya potensi berkarier di sana.

"Nah, inilah kenapa kita ingin membuat jendela kesempatan pemain tim nasional muda kita berlatih di Jerman," jelas Erick.

"Itu supaya tadi punya kesempatan, mereka juga bisa menyentuh Eropa. Ini kan baru mimpi-mimpi," lanjut pria yang juga menjabat Menteri BUMN itu.



Sebelumnya, legenda sepak bola Jerman Oliver Kahn dikait-kaitkan dengan posisi Dirtek. Sebab, dia baru saja dipecat sebagai CEO Bayern Muenchen.
(mirz)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More