Barcelona Bukan Lagi Penguasa Ball Possession di Eropa, Klub Ini Rajanya

Minggu, 26 Juli 2020 - 23:58 WIB
Barcelona identik dengan ball possession atau penguasaan bola dalam permainannya/Foto/FCBarcelona
BARCELONA - Pada era Pep Guardiola, Barcelona identik dengan ball possession atau penguasaan bola dalam permainannya. Namun, kesan itu kini memudar bahkan Blaugrana tak lagi menjadi Raja Ball Possession, posisinya sudah diambil alih raksasa Bundesliga Bayern Muenchen .

Memang, possession atau kepemilikan bola masih vital di Barcelona, meskipun hasilnya tidak sebagus itu. Pada musim 2019/2020 ini, tim Catalan juga sudah mencatat prosentase possession yang besar, tapi masih di bawah Bayern. ( ).

Stats Playmaker telah menerbitkan tabel tim dengan kepemilikan terbaik di Eropa. Barcelona berada di urutan kedua, dengan 62,1%, di belakang Bayern yang memiliki rata-rata 62,2%.

"Selama bertahun-tahun, FC Bayern mengandalkan kepemilikan, penguasaan bola, permainan posisi yang kuat dan banyak gol," kata CEO Bayern, Karl-Heinz Rummenigge menjelaskan kepada majalah olahraga terkemuka Jerman, kicker. "Pelatih Hansi Flick telah membawa filosofi itu kembali ke tim." ( ).

"Secara taktik, tim itu seperti berada di bawah Louis van Gaal, Jupp Heynckes atau Pep Guardiola . Flick adalah kunci untuk itu. Dia memiliki rencana permainan yang jelas, koneksi yang sangat baik dengan para pemain, dan berurusan dengan pers dengan sangat baik."



Setelah 24 pertandingan Bundesliga 2019/2020, Flick telah mencatat 21 kemenangan, satu imbang dan hanya dua kekalahan. Dalam sejarah Bayern, hanya pelatih kepala Manchester City saat ini, Guardiola -yang telah memenangkan liga di masing-masing dari tiga musim di Bavaria antara 2013 dan 2016- memiliki rekor yang lebih baik. ( ).

Di posisi ketiga, pasukan Thomas Tuchel, Paris Saint-Germain yang mencatat 61,6%, dan skuat Pep Guardiola yang tidak kehilangan cirinya bersama Manchester City dengan 61,6 %.

Yang menarik, klub Championship yang kini promosi ke Liga Primer 2020/2021 Leeds United yang bertengger di peringkat 5 dengan 60,1 %. Pelatih Marcelo Bielsa telah membawa permainan indah ke Elland Road. Di tempat keenam ada Bayer Leverkusen, yang memiliki 59,6%, berkat gaya pelatih Peter Bosz.
(sha)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More