Preview Timnas Indonesia vs Irak: Ujian Skuad Garuda di Laga Pertama

Kamis, 16 November 2023 - 15:05 WIB
Timnas Indonesia akan menghadapi Irak pada laga pertama Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Basra International Stadium, Kamis (16/11/2023) malam WIB / Foto: PSSI
BASRA - Timnas Indonesia akan menghadapi Irak pada laga pertama Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Basra International Stadium, Kamis (16/11/2023) malam WIB. Skuad Garuda akan menjalani laga super sulit.

Irak di atas kertas lebih diunggulkan ketimbang Timnas Indonesia. Dari segi peringkat, Singa Mesopotamia menempati posisi 68 ranking FIFA, sedangkan Timnas Indonesia berada di peringkat 145 dunia.

Tak hanya itu saja, Irak juga bakal bermain di depan 65 ribu penggemarnya dan itu bisa menjadi tekanan untuk Timnas Indonesia. "Bermain adalah motivasi moral untuk kami dan kami menantikan kehadiran penonton dalam jumlah besar. Yang membedakan kualifikasi adalah bermain di kandang sendiri, oleh karena itu, kami melihat kekuatan ada pada fans kami dan bahkan lawan pun mengetahuinya," kata Ali Adnan Adnan dikutip dari Winwin.



Sementara pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyadari sepak bola adalah olahraga yang paling diminati di Asia. Ia tak merasa terkejut dengan penggemar Irak yang akan memberikan dukungan kepada tim tuan rumah.



"Ini adalah laga tandang di kandang Irak. Hampir semua suporter sepak bola di Asia memiliki antusiasme tinggi terhadap olahraga ini. Saya tahu fans timnas Irak akan mendukung penuh tim mereka," ujarnya.

Mengacu pada statistik yang dibeberkan Rec Sport Soccer Statistics Foundation (RSSSF), Timnas Indonesia dan Irak telah bertemu sebanyak 11 kali. Hasilnya, Timnas Indonesia berhasil meraih dua kemenangan dan tiga kali imbang serta enam kekalahan.



Dalam dua pertemuan terakhir di Kualifikasi Piala Asia 2015, Timnas Indonesia menelan kekalahan dari Irak. Sedangkan di Piala Kemerdekaan pada 2000, Timnas Indonesia sukses meraih satu kemenangan dan satu imbang.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More