Daftar Pemenang Copa America: Argentina 15 Kali Juara, 14 Kali Jadi Runner-up

Jum'at, 12 Juli 2024 - 09:53 WIB
Copa America adalah turnamen internasional tertua di dunia dan Argentina mencatatkan rekor fantastis. Foto/ Instagram
JAKARTA - Copa America adalah turnamen internasional tertua di dunia sepak bola. Tahun ini merayakan 108 tahun sejarahnya dengan edisi khusus yang menampilkan lebih banyak tim dari sebelumnya.

Lantas, siapa saja yang akan bertanding dan siapa saja yang pernah menjuarai kompetisi ternama dan bergengsi Copa America tersebut?





Turnamen ini pertama kali dimainkan di Argentina pada 1916 dan dikenal sebagai Kejuaraan Tim Nasional Amerika Selatan dan sejak itu, 47 edisi telah dimainkan, dengan edisi ke-48, dimulai di Miami, Florida pada 20 Juni.

Meski turnamen ini dikenal dengan nama Copa America, hanya dua edisi yang dimainkan dengan tim dari seluruh benua Amerika (Utara dan Selatan). Sekali pada 2016 dan satu lagi pada 2024 dengan Amerika Serikat menempati posisi keempat pada tahun sebelumnya.

Untuk 2024, ada enam negara tamu dengan perwakilan CONCACAF yang bersaing, yakni Kanada, Kosta Rika, Amerika Serikat, Jamaika, Meksiko dan Panama.

Namun, saat ini ada 10 negara yang tergabung dalam Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL). Mereka adalah Argentina, Bolivia, Brasil, Chili, Kolombia, Ekuador, Paraguay, Peru, Uruguay dan Venezuela.

Dari jumlah tersebut, muncul 47 juara sebelumnya dengan Argentina menjadi pemenang terbaru sebelum memenangkan Piala Dunia FIFA pada Desember 2022 ketika Lionel Messi mendapatkan dua trofi internasional utama untuk mengamankan warisannya.

Argentina dan Uruguay adalah tim yang paling banyak memenangkan turnamen ini, dengan masing-masing 15 medali pemenang, meski sang juara bertahan telah bermain di 29 final dibandingkan dengan 21 kali di negara yang jauh lebih kecil.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More