Negara Terkecil Peraih Medali Emas Olimpiade, Jumlah Penduduknya Cuma Seluas Menteng

Rabu, 31 Juli 2024 - 11:28 WIB
Negara Terkecil Peraih Medali Emas Olimpiade, Jumlah Penduduknya Cuma Seluas Menteng. Foto: Inside The Games
Negara terkecil yang pernah memenangkan medali emas Olimpiade akan dibahas di artikel ini. Liechtenstein adalah negara terkecil, dalam hal populasi, yang pernah merebut emas Olimpiade di cabang ski Alpen di Lake Placid 1980.

Hanni Wenzel adalah atlet yang menorehkan tinta emas di negara kecil Liechtenstein. Dia memenangkan gelar ski Alpen di Lake Placid 1980 dengan catatan karier yang luar biasa.

Lahir di Jerman Barat, Wenzel pindah bersama keluarganya ke Liechtenstein - negara dengan kurang dari 40.000 penduduk yang bisa ditempuh dengan mobil dalam waktu kurang dari 30 menit - saat dia baru berusia satu tahun. Sejak usia dini, dia berbagi kecintaan terhadap ski Alpen dengan adik-adiknya, Andreas dan Petra.





Jika dibandingkan dengan kecamatan yang ada di Jakarta, jumlah warga negara Liechtenstein sebanding dengan jumlah penduduk di kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, yakni 32 ribu orang (data Badan Pusat Statistik tahun 2022).

Setelah tampil kuat di Kejuaraan Dunia 1974 di St. Moritz, di mana dia memenangkan medali emas di slalom dan perak di kombinasi, Wenzel memperoleh kewarganegaraan Liechtenstein. Dia pun berhak mewakili Kerajaan di Innsbruck 1976, di mana dia memenangkan medali perunggu di ski Alpen. Dua tahun kemudian pada 1978, dia menjadi pemenang keseluruhan Piala Dunia.

Setelah hasil luar biasa di musim sebelumnya, Wenzel menjadi favorit kuat untuk memenangkan kompetisi ski Alpen di Olimpiade Musim Dingin Lake Placid 1980. Dalam acara pertamanya, downhill, dia memenangkan medali perak. Empat hari kemudian, dalam slalom raksasa, dia memenangkan emas dan mencatat sejarah sebagai negara terkecil yang menghasilkan juara Olimpiade.

"Itu adalah kesuksesan terbesar dalam karir saya," kata Wenzel kepada Olympics.

Prestasi itu diulang 48 jam kemudian, dalam acara terakhir ski Alpen di Olimpiade tersebut, slalom. Wenzel memenangkan emas kedua, menggandakan perolehan medali negara. Kesuksesannya membuat banyak orang mencari tahu tentang negara kecil ini di peta dan menyebabkan kebingungan di antara penonton di Olimpiade, karena lagu kebangsaan Liechtenstein identik dengan "God Save the Queen," yang dikenal sebagai lagu kebangsaan Inggris.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More