Negara Terkecil Peraih Medali Emas Olimpiade, Jumlah Penduduknya Cuma Seluas Menteng

Rabu, 31 Juli 2024 - 11:28 WIB

Dominasi Keluarga Wenzel



Liechtenstein memiliki 10 medali Olimpiade yang semuanya dimenangkan di Olimpiade Musim Dingin. Tujuh di antaranya dimenangkan oleh anggota keluarga Wenzel. Selain Hanni, Andreas juga memenangkan perak di Lake Placid 1980 dan perunggu di Sarajevo 1984, keduanya di slalom raksasa.

Hanni menikah dengan Harti Weirather - seorang pemain ski Austria yang memenangkan gelar Piala Dunia downhill pada 1981 - dan memiliki seorang putri, Tina Weirather. Di PyeongChang 2018, Tina memenangkan medali Olimpiade kesepuluh untuk negaranya - ketujuh dalam keluarga - dengan perunggu di Super-G ski Alpen.

Tiga medali lainnya yang dimenangkan oleh atlet Liechtenstein berasal dari saudara Willy dan Paul Frommelt (keduanya medali perunggu slalom di Innsbruck 1976 dan Calgary 1988) serta Ursula Konzett yang juga memenangkan perunggu slalom di Sarajevo 1984.

Setelah Lake Placid 1980, karier Hanni Wenzel berlangsung empat tahun lagi. Pada 1984 dia pensiun dengan empat medali Olimpiade (termasuk dua emas), empat gelar dunia, dan 33 kemenangan panggung Piala Dunia. Rekornya menunjukkan bahwa dia adalah salah satu atlet terbesar dalam sejarah olahraga ini. Dia juga, tanpa diragukan, salah satu nama olahraga terbesar yang pernah muncul dari negaranya.
(sto)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More