Siap Go International! Tiga Juara Umum IFF Berlaga di Malaysia

Senin, 05 Agustus 2024 - 14:36 WIB
Foto: Doc. Istimewa
Indonesia Fitness Festival (IFF) Season 3 yang digelar di Grand Mall Bekasi, Jawa Barat, 3 – 4 Agustus 2024, berhasil mencatat tiga nama sebagai juara umum. Mereka adalah M. Alfin David sebagai juara Overall Men Sport Physique Junior, Iqbal Muslim sebagai juara Overall Men Sport Physique Master 35+, dan Buan sebagai juara Men Sport Physique. Selain menerima hadiah medali dan uang tunai, ketiga juara umum ini juga berhak mengikuti kejuaraan IFBB Global Classic Malaysia pada Oktober 2024 mendatang.

Seperti diungkapkan oleh Canggih Fitra, pemilik dan penyelenggara IFF, ini bukan kali pertama pihaknya mengirim pemenang festival ini ke kejuaraan internasional. Di ajang Indonesia Fitness Festival Season 2 tahun 2023 lalu, pihaknya juga mengirim sang pemenang, Yoga El Komara ke Kejuaraan IFBB Global Classic di Malaysia.

“Di IFF 2023 lalu, kami memang hanya mengirim satu orang pemenang ke kejuaraan IFBB Global Classic Malaysia. Tapi apa yang kami lakukan itu, membuat gaung dari IFF meningkat tajam. Terbukti untuk IFF Season 3 tahun ini, pesertanya membludag, mencapai 700 atlet partisipan. Itu benar-benar di luar prediksi kami,” ungkap Canggih Fitra.



Pada Season 1 tahun 2022 lalu, festival ini hanya mempertandingkan dua cabang olahraga, yaitu Body Contest dan Power Lifting serta diikuti oleh 300 atlet partisipan. Pada Season 2 tahun 2023, cabang olahraga yang dipertandingkan bertambah dengan adanya Arm Wrestling (Adu Panco) dan diikuti total 400 atlet partisipan. Pada Season 3 tahun ini, cabang olahraga yang dipertandingkan bertambah menjadi empat dengan adanya Kalistenik.

Tampil sebagai juri di ajang festival fitness ini adalah nama-nama yang cukup tersohor di olahraga ini, seperti Syafrizaldy, Anton Wiriawan, Minie Sujarwo, Willy Bigger, dan beberapa atlet profesional lainnya. Menurut Canggih, untuk juri pertandingan pihaknya memilih juri yang berasal dari federasi resmi pemerintah dan memiliki integritas tinggi.

“Itu juga yang membuat ajang IFF ini dianggap bergengsi karena sejak awal kami konsisten mempersiapkan semuanya secara matang dan profesional dengan biaya pendaftaran yang tidak terlalu mahal,” tukas Canggih lagi.

Ia menambahkan menggelar ajang Indonesia Fitness Festival karena terinspirasi pertandingan Arnold Classic di Australia yang merupakan festival olahraga dengan melibatkan banyak cabang olahraga hiburan, seperti Body Contest, Arm Wrestling (Adu Panco), dan juga Power Lifting. Akhirnya dengan dana pribadi serta melibatkan sponsor, tanpa campur tangan pemerintah, Canggih berhasil menggelar Indonesia Fitness Festival, bahkan sekarang sudah memasuki Season 3.
(unt)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More