Kapan dan Bagaimana Saul Canelo Alvarez Jadi Bintang Tinju Terbesar?

Sabtu, 14 September 2024 - 14:14 WIB
Tentu saja, kontroversi besar Canelo muncul di antara pertarungan Golovkin, dengan hasil tes clenbuterol yang positif. Hal tersebut menjadi dilema bagi para penggemarnya, dan juga bagi Fischer dari The Ring. ''Itu adalah masalah besar pada saat itu dan saya pikir itu menyakiti dan mempermalukan Canelo secara pribadi saat dia berurusan dengan penyelidikan,” kata Fisher.

''Ada banyak sorotan terhadapnya dari para penggemar, media, dan sebagian besar industri tinju. Ini adalah waktu yang sulit bagi Majalah Ring juga, karena kami telah bersumpah untuk mencoretnya dari peringkat dan mencopot gelar juara The Ring jika komisi Nevada menangguhkannya, dan itulah yang terjadi. Namun, kami mendapat tekanan dari Golden Boy Promotions (promotor Canelo pada saat itu dan pemilik majalah). Kami melawannya dan akhirnya mendapatkan apa yang kami inginkan - Canelo dicoret dari peringkat sebelum pertandingan ulang, tetapi seluruh cobaan yang berlangsung berbulan-bulan itu sangat menegangkan,''analisisnya.

Saat ini, sangat jarang ada kelas induksi Hall of Fame yang tidak menyertakan seorang petinju yang telah dites positif dan tidak diragukan lagi bahwa Canelo akan menuju ke Canastota. Beberapa anggota otoritas tinju berpendapat bahwa Alvarez positif terkontaminasi secara sah dari daging, termasuk agen doping kelas atas, namun lumpur tersebut masih melekat di beberapa tempat, meskipun waktu telah berlalu.

“Dia telah menjalani skandal PED meskipun ada bukti yang tak terbantahkan,” kata Lampley. “Sangat membantu baginya bahwa lawan di ujung diskusi itu berasal dari Kazakhstan, bukan dari Amerika Serikat atau Meksiko... Tidak ada pelanggaran lebih lanjut yang dirasakan, Gennady secara efektif telah pensiun, dunia ingin terus maju dan kami melakukannya.”

Dan bagaimana dengan warisan Canelo? Fischer yakin bahwa ia adalah salah satu petinju Meksiko terhebat sepanjang masa dan “sejajar dengan Julio Cesar Chavez.”

Tidak ada yang lebih baik dari itu, namun Lampley melihat Canelo sebagai seorang petinju yang masih dapat melakukan lebih banyak hal untuk meninggalkan jejaknya. “Dia sedang berjuang untuk warisannya saat ini,” tambah Lampley.

“Bahkan superstar Meksiko lainnya yang masih hidup seperti Marco Antonio Barrera dan Erik Morales telah mengakui kepada saya bahwa Canelo saat ini dapat menyatakan sebuah kasus untuk dilihat sebagai petinju Meksiko terhebat yang pernah ada, dan identitas warisan seperti itu akan sama tingginya dengan yang dapat dicapai oleh petinju saat ini.”

Namun, seperti kebanyakan pengamat, Lampley tidak yakin bahwa kemenangan atas Berlanga akhir pekan ini akan memberikan sesuatu yang berarti bagi warisan tersebut. Kata kunci bagi Canelo selama dua tahun terakhir adalah Benavidez. David Benavidez, “The Mexican Monster”, adalah rival alami dan tidak perlu bagi Canelo untuk keluar dari kelasnya. Ini adalah pertarungan terbesar dalam dunia tinju, dan bisa dibilang pertarungan terbaik yang dapat dilakukan.

“Ini akan mendapatkan rasa hormat dari generasi penggemar tinju yang sama sekali baru,” kata Fischer, ketika ditanya apakah Alvarez harus mencari Benavidez. “Para pemimpin media sosial dan pembuat konten yang lebih muda yang belum ada saat dia pertama kali mulai membuat namanya terkenal 15 tahun yang lalu.”

“Benavidez sangat karismatik,” kata Lampley. “Jadi, Canelo dapat meningkatkan popularitasnya hanya dengan mengambil pertarungan ini. Namun jika risiko melawan Berlanga adalah peringkat tiga atau empat, maka risiko melawan Benavidez di kelas 76,2 kg terlihat seperti peringkat delapan atau sembilan. Bagi lawan-lawan lain, namun mungkin tidak bagi Canelo. Bayarannya mungkin akan menyaingi atau melebihi apa yang ia dapatkan karena mengambil resiko melawan Golovkin. Namun dia adalah Canelo, jadi dia dapat menghasilkan banyak uang tanpa mengambil resiko melawan Benavidez. Dan itulah yang kita lihat saat ini. Edgar Berlanga. Lagipula, seberapa jauh lagi dia dapat menjadi lebih populer? Dan bukankah warisannya sudah terangkat dan aman? Saya rasa begitu.”
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More