Murodjon Akhmadaliev Ancam Naoya Inoue: Lawan Aku Atau Serahkan Sabukmu

Jum'at, 27 September 2024 - 10:30 WIB
Murodjon Akhmadaliev Ancam Naoya Inoue: Lawan Aku Atau Serahkan Sabukmu/IGmoboxingnoproblem
Eks juara kelas bantam super Murodjon Akhmadaliev menggertak juara dunia Naoya Inoue untuk bertarung melawannya atau menyerahkan salah satu sabuknya. Murodjon Akhmadaliev (12-1, 9 KO) memenangkan sabuk IBF dan WBA melalui kemenangan atas Daniel Roman pada Januari 2020, namun ia harus kehilangan kedua sabuk tersebut melalui keputusan terbelah (split decision) yang kontroversial dari Marlon Tapales pada April 2023.

Tapales kemudian mendapatkan pertarungan unifikasi melawan Inoue, yang ia kalahkan melalui penghentian pada ronde ke-10, dan membuat Akhmadaliev terpuruk. Dan di situlah ia tetap bertahan, walau WBA mendaftarkannya sebagai penantang wajib sejak saat itu. ''Ini adalah situasi yang aneh,” kata Akhmadaliev kepada BoxingScene melalui Zoom dari Uzbekistan.

''Saya adalah penantang wajib. Anda memiliki sabuk itu, anda harus memenuhi kewajiban anda. Saya tidak tahu apakah dia takut atau timnya takut, atau apa yang terjadi, karena saya langsung mengatakan kepada mereka, 'Saya siap bertarung. Sebutkan saja tanggal dan tempatnya dan saya akan berada di sana. Tidak masalah bagi saya di mana itu akan terjadi. Saya telah bertarung sepanjang hidup saya di wilayah musuh, dan itu tidak pernah menjadi masalah bagi saya. Jadi saya siap dan bersedia untuk turun tangan,''sesumbar Murodjon Akhmadaliev.





Murodjon menekan kubu Monster KO Naoya untuk membuktikan siapa yang terbaik di kelas bantam super tanpa alasan apa pun. ''Namun jika karena alasan tertentu ia tidak mau - dan kita dapat melihat, dalam kasusnya, bahwa ia tidak ingin bertarung, karena walau ia memanggil nama saya dan mengatakan bahwa ia ingin melawan saya, ia tidak pernah mengulurkan tangan, maka itu semua hanya gertakan - maka kosongkan saja gelar itu. Aturannya sama untuk semua orang. Canelo [Alvarez] dicopot gelarnya [oleh IBF, karena menghadapi Edgar Berlanga dan bukannya petinju yang diwajibkan oleh organisasi itu, William Scull]. Mengapa Inoue tidak dilucuti? Saya yakin sabuk itu milik saya dan saya telah mengacaukan kartu penilaian, dan saya masih merasa seperti seorang juara. Dan saya dapat membuktikannya saat menghadapi Inoue, karena saya tahu saya dapat mengalahkannya,”paparnya.

Akhmadaliev memuji Inoue, yang secara universal dianggap, bersama dengan Oleksander Usyk dan Terence Crawford, sebagai bagian dari tiga serangkai yang menduduki peringkat teratas dalam peringkat pound-for-pound tinju. Namun, katanya, ia hanya menginginkan kesempatan untuk membuktikan diri melawan pria yang dikenal sebagai “The Monster,” yang telah mencetak kemenangan KO atas Luis Nery dan T.J. Doheny sejak Akhmadaliev dinobatkan sebagai petinju WBA. ''Saya tahu bahwa saya adalah petarung terbaik dalam kelas 55,3 kg,” katanya.

''Semua orang di dunia tahu bahwa jika ada seseorang yang dapat mengalahkannya, maka itu adalah saya. Saya masih merasa seperti seorang juara dalam divisi ini, anda tahu, dan mereka menemukan banyak alasan [untuk tidak melawan saya]. Saya sangat menghormatinya. Saya kira ia adalah petarung yang hebat, namun ia tidak bertindak seperti apa yang ia bicarakan. Ia disebut sebagai petarung terbaik di dunia. Dan saya merasa sangat memalukan saat petarung terbaik tidak ingin bertarung dengan mandatnya. Mereka menghindari pertarungan itu, dan saya tidak masalah dengan itu. Lepaskan saja gelar itu dan lanjutkan hidup anda. Katakan saja pada seluruh dunia bahwa Anda tidak ingin melawan saya. Jangan menyebut nama saya dan mengatakan bahwa Anda ingin melawan saya, tetapi jangan pernah melawan saya,”Murodjon Akhmadaliev menjelaskan.

Tentu saja, ada kemungkinan besar bahwa Akhmadaliev dapat saja mendapatkan kesempatan yang ia idam-idamkan jika ia berhasil mengatasi Tapales. Selama persiapan menuju laga melawan atlet Filipina itu, prospek untuk berlaga melawan Inoue demi gelar tak terbantahkan itu menggantung di hadapan sang pemenang, sebuah prospek yang akhirnya menjadi kenyataan bagi Tapales. Namun, walau Akhmadaliev mengakui bahwa, “tentu saja, jika melihat ke belakang, saya akan melakukan beberapa hal yang berbeda” dalam laga itu, ia tetap bersikeras bahwa ia layak mendapatkan kemenangan - dimana dua juri memberi nilai 115-113 bagi sang penantang, namun juri ketiga memberi kemenangan angka mutlak bagi Akhmadaliev. ''Salah satu juri memberi saya 10 ronde dalam laga itu, dan saya adalah juara bertahan,” katanya.



“Saya mendorong ritme. Sayalah yang memburu pria itu. Saya mendaratkan serangan yang lebih besar. Saya adalah penyerang dalam laga itu. Saya dapat saja menekan sedikit lebih awal dan menyingkirkannya. Namun sekali lagi, saya masih memenangkan pertarungan itu, dan itulah sebabnya, tepat setelah pertarungan, WBA memerintahkan pertarungan ulang. Dan tim Tapales menghindari pertarungan ulang itu. Mereka mengatakan bahwa mereka telah menyiapkan pertarungan dengan Inoue, dan tim saya tidak mempermasalahkannya karena pemenangnya seharusnya menghadapi saya. Namun itu tidak pernah terjadi. Maka, saat ini, melihat ke belakang, apakah saya akan melakukan sesuatu yang berbeda? Ya. Namun, ada juri karena sebuah alasan. Mereka harus melakukan tugasnya, dan malam itu, mereka mengacaukannya.”

Akhmadaliev hanya berlaga sekali sejak laga di Tapales, menghentikan Kevin Gonzalez dalam delapan ronde pada bulan Desember. Sejak saat itu, ia telah berlatih untuk sebuah laga yang belum terwujud, namun ia bersikeras bahwa, dengan satu atau lain cara, ia akan kembali ke dalam ring sebelum tahun 2024 berakhir.

“Saya bersiap untuk bertarung pada pertengahan musim panas,” jelasnya.
(aww)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More