Petinju Kelas Berat Ringan Terbaik Sepanjang Masa, Next, Beterbiev Atau Bivol?

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 07:26 WIB
Mungkin pencetak KO terbaik dalam sejarah kekas berat ringan Foster memenangkan gelar pada tahun 1968 dengan sebuah KO atas sang juara, Dick Tiger, dan kemudian mencetak rekor 14 kali mempertahankan gelar selama enam tahun berikutnya. Dari delapan kekalahan dalam kariernya, tujuh di antaranya terjadi di atas 175 pound, termasuk kekalahan dari Muhammad Ali dan Joe Frazier di tahun-tahun puncaknya, dan dua di pertandingan terakhir dalam kariernya setelah kembali dari masa pensiunnya yang singkat.

4. Michael Spinks (31-1, 21 KO)

Spinks terlalu sering dikenang karena kehancurannya pada ronde pertama saat menghadapi Mike Tyson dan kontroversi kemenangannya atas Larry Holmes, namun di kelas berat ringan, ia tidak dapat disangkal lagi merupakan salah satu yang terbaik, dan juara terakhir di era keemasan divisi ini. Peraih medali emas Olimpiade 1976 ini mengalahkan petinju veteran Yaqui Lopez hanya dalam pertarungan keempat belas sebagai seorang profesional, mengalahkan Marvin Johnson dua pertarungan setelahnya, dan pada pertarungan profesional ke-17, merebut gelar dari Eddie Mustafa Muhammad.

Dia mempertahankan sabuknya 10 kali, termasuk melawan orang-orang seperti Dwight Muhammad Qawi, sebelum naik ke kelas berat dan menjadi juara kelas ringan pertama yang memenangkan kejuaraan kelas berat.

3. Gene Tunney (61-1-1, 19 ND, 1 NC, 45 KO)

Salah satu petinju paling terampil pada masanya, dan juga salah satu yang paling kuat, Tunney tidak pernah memenangkan kejuaraan kelas berat ringan, tetapi membuktikan dirinya sebagai yang terbaik melalui kemenangan atas orang-orang seperti Harry Greb (yang sebelumnya memberikan satu-satunya kekalahan dalam karirnya), Battling Levinsky, Tommy Loughran, dan Tommy Gibbons, sebelum naik ke kelas berat dan merebut gelar juara dari Jack Dempsey, mempertahankannya dalam pertandingan ulang "Long Count", dan pensiun.

2. Archie Moore (184-24-10, 1 NC, 130 KO)

Moore memiliki lebih banyak KO atas namanya daripada siapapun dalam sejarah olahraga ini. Hebatnya, ia tidak memenangkan gelar sampai ia berusia 39 tahun, namun segera mempertahankannya selama satu dekade. Terkenal dengan pertahanan cross-guard-nya, "The Old Mongoose" juga menantang para petinju kelas berat terbaik sepanjang masa seperti Rocky Marciano, Floyd Patterson, dan Muhammad Ali, dan setelah pensiun juga pernah melatih George Foreman muda.

1. Ezzard Charles (89-25-1, 51 KO)

Berbeda dengan masa kejayaan Moore yang panjang, Charles tidak pernah menang atau bahkan menantang kejuaraan kelas berat ringan, namun dari tahun 1946 hingga 1949, ia menghancurkan puncak divisi ini, dengan mengalahkan Joey Maxim dan Bivins serta meraih rekor 3-0 atas Old Mongoose sebelum naik ke kelas berat dan merebut mahkota yang lowong itu melalui kemenangan atas Jersey Joe Walcott. Pertarungan pertamanya adalah melawan mantan juara kelas ringan-berat Gus Lesnevich, yang berulang kali menolak untuk bertarung dengan Charles. Charles menjatuhkannya dalam tujuh ronde.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More