Kontroversi IBF Dikecam! Penantang Utama Tak Layak Dapat Ranking Apalagi Mandatory

Rabu, 23 Oktober 2024 - 09:09 WIB
Peringkat dan kebijakan Federasi Tinju Internasional (IBF) menjadi sorotan tajam dalam beberapa bulan terakhir / Foto: Boxing Scene
Peringkat dan kebijakan Federasi Tinju Internasional ( IBF ) menjadi sorotan tajam dalam beberapa bulan terakhir. Ini karena badan pemberi izin ini memberlakukan mandatory yang tidak masuk akal dan menghilangkan kejuaraan yang tidak diperdebatkan dalam prosesnya.

Secara khusus, Oleksandr Usyk di kelas berat dan Saul Canelo Alvarez di kelas menengah super melepaskan sabuk IBF mereka daripada menghadapi lawan yang tidak akan mengembangkan karier mereka. Di kelas berat ringan, Artur Beterbiev mungkin akan segera menjadi raja tak terbantahkan yang melakukan hal yang sama.

Meskipun peraturan ketat dari IBF lama dipahami, tetap saja menjengkelkan ketika mereka - tanpa kesadaran diri hanya beberapa hari setelah keempat sabuk disatukan - mengajukan penantang utama mereka yang harus dipertahankan oleh sang juara sebelum batas waktu yang ditentukan. Tuntutan ini akan lebih mudah diterima jika penantang yang dimaksud sudah lama tidak mendapatkan kesempatan atau bahkan tidak layak mendapatkannya. Terlalu sering, hal itu tidak terjadi.





Sebuah studi tentang peringkat IBF di seluruh 17 divisi menunjukkan bahwa, setidaknya dalam enam divisi, organisasi ini harus menjelaskan secara serius terkait pilihan mereka untuk menentukan siapa yang paling layak.

Kelas Berat



Mengapa IBF memilih untuk membuat kontes 1 Juni antara Daniel Dubois dan Filip Hrgovic untuk memperebutkan gelar interim tidak diketahui. Padahal, hanya dua minggu sebelumnya, Oleksandr Usyk telah mempertahankan gelar juara kelas berat melawan Tyson.

Harus diakui, IBF bukanlah satu-satunya badan pemberi sanksi yang tidak mengetahui arti kata 'interim', namun, meskipun demikian, permintaan mereka selanjutnya agar Usyk menghadapi Dubois sangatlah menggelikan. Sangat menyadari bahwa Usyk telah dikontrak untuk pertandingan ulang melawan Fury, IBF mengajukan permintaan tersebut, namun sangat yakin bahwa hal itu tidak dapat dipenuhi.

Selain itu, mengapa mereka menuntut Usyk untuk menghadapi petinju yang baru saja ia kalahkan tahun lalu?

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More