Profil Cus D'Amato, Manajer dan Pelatih Tinju Pertama Mike Tyson dalam Kariernya

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 12:54 WIB
Cus D'Amato meninggal dunia pada 4 November 1985 akibat pneumonia, hanya beberapa bulan sebelum Tyson meraih gelar juara dunia. Namun, pengaruhnya terhadap dunia tinju terus hidup hingga kini. Ia tidak hanya mencetak juara dunia, tetapi juga menginspirasi generasi pelatih dan petinju selanjutnya dengan metode pelatihan yang revolusioner.

D’Amato juga dikenal karena sikapnya yang jujur dan integritas tinggi dalam mengelola karier petinjunya. Ketika melatih Floyd Patterson, D'Amato menolak bekerja sama dengan International Boxing Club (IBC) yang terkenal korup, meskipun itu berarti Patterson harus melewatkan banyak pertarungan besar.

Penghargaan Memorial Cus D'Amato yang diberikan oleh Asosiasi Penulis Tinju Amerika adalah bukti dari besarnya pengaruh yang ia tinggalkan. D’Amato adalah sosok yang bukan hanya mengajarkan teknik tinju, tetapi juga memberikan pemahaman mendalam tentang mentalitas juara.

Melalui murid-muridnya seperti Floyd Patterson, Jose Torres, dan terutama Mike Tyson, nama Cus D'Amato akan terus diingat sebagai salah satu pelatih tinju terbesar yang pernah ada. Gaya dan warisannya akan terus hidup dalam setiap pertarungan yang mengedepankan disiplin, mentalitas kuat, dan semangat pantang menyerah.
(sto)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More